PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KKPI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKJ DAN TAV SMK PIRI I YOGYAKARTA

Diah Aprillia Nurhayati, Aprillia Nurhayati (2015) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KKPI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKJ DAN TAV SMK PIRI I YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Diah Aprilia Nurhayati 09518241001.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KKPI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKJ DAN TAV SMK PIRI I YOGYAKARTA Oleh Diah Aprillia Nurhayati NIM.09518241001 ABSTRAK Pola asuh orang tua mempengaruhi cara anak dalam berkembang, karena keluarga terutama orang tua merupakan orang yang terdekat dengan anak yang dapat membentuk tingkah laku anak, kepribadian dan kebiasaan serta pendidikan. Anak pun banyak mengikuti tingkah laku orang tuanya. Motivasi belajar yang dimilki anak juga sangat mempengaruhi prestasi belajar anak dan untuk mencapai suatu tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar siswa terhadapa prestasi belajar mata pelajaran KKPI di SMK PIRI 1 Yogyakarta kelas X program studi Teknik Komputer Jaringan dan Teknik Audio Video. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Studi Teknik Komputer Jaringan dan Teknik Audio Video SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan populasi sebesar 39 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara kuesioner/angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolineritas. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKJ dan TAV di SMK PIRI I Yoyakarta sebesar 8% (2) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas X TKJ dan TAV di SMK PIRI I Yoyakarta sebesar 23% dan (3) terdapat pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKJ dan TAV di SMK PIRI I Yoyakarta sebesar 8,1%. Kata Kunci : pola asuh orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Sep 2015 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26233

Actions (login required)

View Item View Item