ALI NASRUDIN (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGSARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
PTK lompat tinggi Ali N.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
03. Bab I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
04. BAB II.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
05. BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB IV & V.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
08. Lamp I-II Surat Ijin Penelitian.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
09. Lampiran III-VII.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lompat tinggi melalui pendekatan bermain lompat kardus dan lompat karet pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua (2) siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 70 menit. Kelas yang diteliti yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan empat komponen tahapan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Variabel dala penelitian ini ialah upaya meningkatkan pembelajaran gerak dasr lompat tinggi melalui pendekatan bermain, yaitu proses pembelajaran gerak dasar lompat tinggi yang diarahkan ke bentuk-bentuk permainan. Data diambil sebelum proses pembalajaran, pada saat pembelajaran dan sesudah pembelajaran oleh peneliti bersama kolaborator, dengan menggunakan tabel observasi dan pendapat siswa melalui angket tanggapan siswa yang dibagikan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan, bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan bermain lompat kardus dan lompat karet pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga, dapat meningkatkan motivasi anak hingga 100% kategori baik, kerjasama anak 100% kategori baik, dan gerak dasar lompat tinggi anak 95% baik, 5% kategori cukup. Sehingga upaya peningkatan pembelajaran gerak dasar lompat tinggi melalui pendekatan bermain lompat kardus dan lompat karet dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar lompat tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, gerak dasar lompat tinggi, pendekatan bermain |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 03:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |