EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA

Dian, Bagus Wijanarko (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dian bagus Wijanarko 10518241027.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh: Dian Bagus Wijanarko NIM : 10518241027 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui seberapa besar efektivitas menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Teacher Centered pada ranah kognitif, (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dibandingkan dengan Teacher Centered dalam meningkatkan ranah kognitif pada kompetensi Penggambaran Layout PCB, (3) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dibandingkan dengan Teacher Centered dalam meningkatkan ranah psikomotor pada kompetensi Penggambaran Layout PCB. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 61 orang. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TAV SMK N 2 Yogyakarta dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan dengan instrument tes dan instrumen non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas penggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada ranah kognitif mempunyai skor gain sebesar 0,88 termasuk dalam katagori tinggi dan efektivitas penggunakan model pembelajaran Teacher Centered pada ranah kognitif mempunyai skor gain sebesar 0,6 termasuk dalam katagori sedang. (2) Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) lebih efektif untuk meningkatkan kognitif siswa dibandingkan dengan Teacher Centered, efektivitas tersebut dapat dilihat dari nilai perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 7,531>2,00. (3) Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan Teacher Centered pada psikomotor siswa, efektivitas tersebut dapat dilihat dari nilai perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 6,118>2,00. Kata kunci: kognitif, psikomotor, Project Based Learning, penggambaran layout PCB.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 14 Sep 2015 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26212

Actions (login required)

View Item View Item