Analisis Terhadap Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (Studi Pada PT Madubaru di Kabupaten Bantul )

Chandra Dewi Puspitasari, Chandra and PUJI, WULANDARI (2011) Analisis Terhadap Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (Studi Pada PT Madubaru di Kabupaten Bantul ). ARTIKEL PENELITIAN PENGEMBANGAN WILAYAH.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) pada PT Madubaru serta hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan tersebut dan untuk mengetahui dampak dari implementasi tanggung jawab sosial, baik bagi perusahaan maupun bagi masyarakat sekitar yang menjadi sasaran PKBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive, yaitu terhadap staff Unit PKBL dan staff Unit PLL PT Madubaru, sedangkan teknik snowball digunakan untuk menentukan 5 pemilik usaha kecil serta 4 Ketua RT sebagai wakil masyarakat sasaran bina lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan yang diimplementasikan sebagian besar masih berupa pemenuhan kebutuhan sesaat, belum sampai pada aspek keberlanjutan sebagaimana yang dimaksudkan dalam community development. Hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan PKBL adalah sulitnya mencari usaha kecil yang sesuai dengan kegiatan usaha perusahaan, sulitnya mencari pelaku usaha yang bermental baik dan bertanggung jawab, serta tidak sepadannya alokasi anggaran untuk kegiatan PKBL dengan jumlah permintaan, sehingga dana yang digulirkan masih dirasa kecil oleh masyarakat. Dampak dari implementasi PKBL belum optimal dirasakan, sebab meskipun PT Madubaru telah melaksanakan PKBL dalam berbagai kegiatan dan merasa ada hubungan baik dengan masyarakat setempat yang tercipta melalui implementasi PKBL tersebut, namun di sisi lain kemanfaatan yang dirasakan mitra binaan dan masyarakat sasaran belum sampai pada taraf memberdayakan masyarakat.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN PENGEMBANGAN WILAYAH TAHUN ANGGARAN 2011
Uncontrolled Keywords: Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, PKBL
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Sep 2015 04:21
Last Modified: 14 Sep 2015 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26206

Actions (login required)

View Item View Item