PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KURSUS KEWIRAUSAHAAN MELALUI KERJASAMA DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DALAM MENGATASI PENGANGGURAN

Yuriani, M.Pd. and Kokom Komariah, M.Pd. and Marwanti, M.Pd. (2011) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KURSUS KEWIRAUSAHAAN MELALUI KERJASAMA DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DALAM MENGATASI PENGANGGURAN. ARTIKEL LAPORAN HASIL PENELITIAN KERJASAMA ANTAR LEMBAGA DAN PERGURUAN TINGGI.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendapatkan masukkan dari industri komponen-komponen apa yang harus ada dalam pengembangan model pembelajaran kursus kewirausahaan bidang boga. 2) Menghasilkan rancangan pengembangan model pembelajaran kursus kewirausahaan bidang boga. 3) Menghasilkan perangkat yang dibutuhkan untuk pelaksanaan model pembelajaran kursus kewirausahaan bidang boga. 4) Melakukan pengujian efektivitas model pembelajaran kursus kewirausahaan bidang boga. Penelitian ini menggunakan prosedur Research and Development yang pokok-pokok kegiatannya diambil dari Borg dan Gall yang dimodifikasi dan disederhanakan. Tahap-tahap tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Research and information collecting, termasuk dalam langkah ini adalah studi literature, review literature, studi pendahuluan, termasuk persiapan untuk memulai penelitian. Melalui research dan pengumpulan data awal dapat dirancang suatu pengembangan model untuk membantu mengatasi permasalahan dalam praktik industri mahasiswa pendidikan vocasi bidang boga. 2) Planning, termasuk mendefinisikan kemampuan yang berkaitan dengan objek permasalahan, menentukan tujuan yang ingin dicapai pada setiap tahapan, dan menentukan bagian-bagian pengujian. 3) Develop preliminary form of produck, termasuk mengembangkan bentuk permulaan dari produk awal (produk dasar) yang akan dihasilkan, termasuk dalam tahap ini adalah persiapan bahan, perangkat pembelajaran, pedoman pelaksanaan, lembar validasi dan lembar evaluasi. 4) Preliminary field testing, yaitu melakukan uji coba lapangan awal secara terbatas dengan menggunakan satu tempat penyelenggaraan kursus kewirausahaan dan satu dunia industry. 5) Main product revision, yaitu melakukan revisi terhadap produk utama, yang dihasilkan berdasarkan hasil uji coba awal. 6) Main fiel testing, Uji coba utama yang melibatkan khalayak yang lebih luas, yaitu 3 - 4 tempat kursus. 7) Final product revision, yaitu melakukan perbaikan akhir terhadap model yang dikembangkan guna menghasilkan produk akhir. Hasil penelitian yang diharapkan adalah: 1) Model pembelajaran kursus kewirausahaan bagi pendidikan non formal. 2) Perangkat untuk pelaksanaan model pembelajaran kursus kewirausahaan bagi pendidikan non formal dan berkolaborasi dengan industri.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN HASIL PENELITIAN KERJASAMA ANTAR LEMBAGA DAN PERGURUAN TINGGI 2011
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran dan Kursus Kewirausahaan Bidang Boga
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Sep 2015 03:56
Last Modified: 14 Sep 2015 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item View Item