MODEL KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI MASALAH KEJENUHAN ( BURNOUT ) BELAJAR BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Darmiyati Zuchdi, Prof. Ed.D and Diana Septi Purnama, M.Pd. and Eva, Imania E., M.Pd. (2011) MODEL KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI MASALAH KEJENUHAN ( BURNOUT ) BELAJAR BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. ARTIKEL PENELITIAN INSTITUSIONAL.

[img] Text
Artikel.doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari lima alasan utama: Pertama, kecenderungan mahasiswa yang mengalami kejenuhan (burnout) belajar yang makin meningkat. Kedua pentingnya alternatif pencegahan diri terhadap kejenuhan (burnout) belajar dengan mengembangkan konseling kelompok. Ketiga, belum dikembangkannya pengembangan konseling kelompok untuk mengatasi kejenuhan belajar (burn out) secara praktis untuk menyiapkan ketahanan psikologis mahasiswa. Keempat, banyak peluang bagi Wahana Studi Pengembangan Kreativitas (WSPK) untuk mengembangkan materi dan media dalam konseling kelompok terhadap kejenuhan (burnout) belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan ( research and development ) menggunakan 3 langkah utama dari Borg Gall dan Gall, yaitu survai, perencanaan dan pengembangan. Tahap uji coba menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pre-posttest control group design. Untuk mengetahui efektifitas model konseling kelompok untuk mengatasi kejenuhan (burnout) belajar menggunakan analisis perbedaan dua rata-rata berpasangan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk memperoleh suatu model konseling kelompok untuk mengatasi kejenuhan (burnout) belajar mahasiswa. Secara khusus tujuan penelitian adalah menemukan hal-hal berikut; (1) tingkat kejenuhan belajar yang dialami oleh mahasiswa, (2) faktor penyebab kejenuhan (burnout) belajar mahasiswa, (3) upaya mahasiswa dalam mengurangi kejenuhan belajar, (4) model teoretis model konseling kelompok untuk mengatasi kejenuhan (burnout) belajar mahasiswa dan (5) keefektifan model konseling kelompok untuk mengatasi kejenuhan (burnout) belajar mahasiswa. Luaran yang dihasilkan penelitian ini adalah: (a) dikembangkannya model konseling kelompok untuk mengatasi kejenuhan (burnout) belajar mahasiswa sebagai pengembangan institusi dalam hal ini Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai lokasi penelitian, (b) dihasilkannya modul (intervensi) untuk mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa, (c) bertambahnya pemahaman bagi penasehat akademik dan keterampilan personil WSPK dalam mengatasi kejenuhan (burnout) belajar mahasiswa, (d) dikembangkannya materi konseling kelompok bagi mahasiswa untuk menyiapkan ketahanan psikologis terhadap kejenuhan (burnout) belajar.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN INSTITUSIONAL 2011
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Sep 2015 03:07
Last Modified: 14 Sep 2015 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26194

Actions (login required)

View Item View Item