PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA KOTA YOGYAKARTA, KABUPATEN SLEMAN DAN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Suhadi Purwantara, Drs. M.Si., - and Sumarno, Sumarno and Satino, M.Si and Kastam, Syamsi (2011) PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA KOTA YOGYAKARTA, KABUPATEN SLEMAN DAN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (49kB)

Abstract

Ujian nasional adalah salah satu instrumen manajemen mutu yang menerapkan seperangkat standar yang berlaku secara nasional, termasuk. Pemerintah perlu melaksanakan pemetaan mutu pendidikan agar diperoleh penjelasan yang lebih tuntas mengenai pencapaian hasil ujian nasional termasuk kinerja anak-anak dalam ujian nasional untuk mengetahui kompetensi mana yang bermasalah, yang selanjutnya dapat dilakukan langkah-langkah nyata memecahkan masalah dan akar masalahnya. Tujuan penelitian ini, 1) memetakan standar isi dan kompetensi yang cenderung kurang berhasil dikuasai peserta didik SMA (KD/indikator2-nya), 2) mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak menguasai kemampuan tertentu, 3) menemukan penjelasan mengenai sekolah tertentu yang berhasil mengalami perkembangan pesat dalam hal peningkatan mutu pendidikannya, 4) menemukan rumusan alternatif pemecahan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, 5) merumuskan model pemecahan masalah yang valid yang bisa diimplementasikan melalui PPM. Metode pengumpulan data dengan, dokumentasi, angket, FGD. Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil peta kemampuan belum dikuasai oleh peserta didik di Kota Yogyakarta untuk 9 mapel sbb: 1) Bahasa Indonesia IPA ada 14, IPS ada 15; 2) B.Inggris IPA 9, IPS 13; 3) Matematika IPA 13, IPS 14; 4) Fisika 24; 5) Kimia 17; 6) Biologi 31; 7) Ekonomi 29; 8) Geografi 18; Sosiologi 17. Kabupaten Sleman: 1) Bahasa Indonesia IPA ada 13, IPS ada 17, 2) B.Inggris IPA 13, IPS 15; 3) Matematika IPA 15, IPS 12; 4) Fisika 24; 5) Kimia 22; 6) Biologi 28; 7) Ekonomi 33; 8) Geografi 18, Sosiologi 15. Kabupaten Kulonprogo: 1) Bahasa Indonesia IPA ada 14, IPS ada 18, 2) B.Inggris IPA 14, IPS 15; 3) Matematika IPA 20, IPS 19; 4) Fisika 19; 5) Kimia 26; 6) Biologi 31; 7) Ekonomi 32; 8) Geografi 18, Sosiologi 16. Solusi yang diusulkan, Model pendampingan terhadap masalah yang dihadapi, mulai dari bedah SKL, pembelajaran, evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi,

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan 2011
Uncontrolled Keywords: Model Peningkatan Kompetensi, Kompetensi Dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Sep 2015 02:52
Last Modified: 14 Sep 2015 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26190

Actions (login required)

View Item View Item