PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA KABUPATEN BANTUL DAN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sri, Sumardiningsih and Heri, Retnawati and Amat Jaedun, DR and Esti Swatika, Sari (2011) PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA KABUPATEN BANTUL DAN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
Laporan Penelitian PPMP Bantul Gunungkidul.doc

Download (6MB)

Abstract

Ujian nasional adalah salah satu instrumen manajemen mutu yang menerapkan seperangkat standar yang berlaku secara nasional, termasuk. Pemerintah perlu melaksanakan pemetaan mutu pendidikan agar diperoleh penjelasan yang lebih tuntas mengenai pencapaian hasil ujian nasional termasuk kinerja anak-anak dalam ujian nasional untuk mengetahui kompetensi mana yang bermasalah, yang selanjutnya dapat dilakukan langkah-langkah nyata memecahkan masalah dan akar masalahnya. Tujuan penelitian ini, 1) memetakan standar isi dan kompetensi yang cenderung kurang berhasil dikuasai peserta didik SMA (KD/indikator2-nya), 2) mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak menguasai kemampuan tertentu, 3) menemukan penjelasan mengenai sekolah tertentu yang berhasil mengalami perkembangan pesat dalam hal peningkatan mutu pendidikannya, 4) menemukan rumusan alternatif pemecahan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, 5) merumuskan model pemecahan masalah yang valid yang bisa diimplementasikan melalui PPM. Metode pengumpulan data dengan, dokumentasi, angket, FGD. Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil peta kemampuan belum dikuasai oleh peserta didik di Kabupaten Bantul untuk 9 mapel sbb: 1) Bahasa Indonesia IPA ada 12, IPS ada 8 2) B.Inggris IPA 11, IPS 11, 3) Matematika IPA 10, IPS 6, 4) Fisika 19, 5) Kimia 27, 6) Biologi 28, 7) Ekonomi 27, 8) Geografi 16, Sosiologi 13. Kabupaten Gunung Kidul: 1) Bahasa Indonesia IPA ada 14, IPS ada 5, 2) B.Inggris IPA 14, IPS 15, 3) Matematika IPA 10, IPS 6, 4) Fisika 22, 5) Kimia 26, 6) Biologi 30, 7) Ekonomi 35, 8) Geografi 18, Sosiologi 15. Solusi yang diusulkan, Model pendampingan terhadap masalah yang dihadapi, mulai dari bedah SKL, pembelajaran, evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi,

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan 2011
Uncontrolled Keywords: Model Peningkatan Kompetensi, Kompetensi Dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Sep 2015 02:06
Last Modified: 14 Sep 2015 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26181

Actions (login required)

View Item View Item