PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA KABUPATEN CILACAP DAN BANYUMAS JAWA TENGAH

Amat Jaedun, DR and Suyoso, Suyoso and Siti Irene, Astuti Dwiningrum and Kastam, Syamsi (2011) PENGEMBANGAN MODEL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA KABUPATEN CILACAP DAN BANYUMAS JAWA TENGAH. Artikel Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (45kB)

Abstract

Ujian nasional adalah salah satu instrumen manajemen mutu yang menerapkan seperangkat standar yang berlaku secara nasional, termasuk. Pemerintah perlu melaksanakan pemetaan mutu pendidikan agar diperoleh penjelasan yang lebih tuntas mengenai pencapaian hasil ujian nasional termasuk kinerja anak-anak dalam ujian nasional untuk mengetahui kompetensi mana yang bermasalah, yang selanjutnya dapat dilakukan langkah-langkah nyata memecahkan masalah dan akar masalahnya. Tujuan penelitian ini, 1) memetakan standar isi dan kompetensi yang cenderung kurang berhasil dikuasai peserta didik SMA (KD/indikator2-nya), 2) mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak menguasai kemampuan tertentu, 3) menemukan penjelasan mengenai sekolah tertentu yang berhasil mengalami perkembangan pesat dalam hal peningkatan mutu pendidikannya, 4) menemukan rumusan alternatif pemecahan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, 5) merumuskan model pemecahan masalah yang valid yang bisa diimplementasikan melalui PPM. Metode pengumpulan data dengan, dokumentasi, angket, FGD. Analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil peta kemampuan belum dikuasai oleh peserta didik di kabupaten Cilacap untuk 9 mapel sbb: 1) Bahasa Indonesia IPA ada 9, IPS ada 6; 2) B.Inggris IPA 15, IPS 15; 3) Matematika IPA 20, IPS 12; 4) Fisika 20; 5) Kimia 22; 6) Biologi 25; 7) Ekonomi 20; 8) Geografi 19; Sosiologi 17. Kabupaten Banyumas: 1) Bahasa Indonesia IPA ada 11, IPS ada 15, 2) B.Inggris IPA 13, IPS 15; 3) Matematika IPA 22, IPS 11; 4) Fisika 24; 5) Kimia 18; 6) Biologi 28; 7) Ekonomi 21; 8) Geografi 19, Sosiologi 17. Solusi yang diusulkan, Model pendampingan terhadap masalah yang dihadapi, mulai dari bedah SKL, pembelajaran, evaluasi, tindak lanjut hasil evaluasi,

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan 2011
Uncontrolled Keywords: Model Peningkatan Kompetensi, Kompetensi Dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Sep 2015 01:56
Last Modified: 14 Sep 2015 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26175

Actions (login required)

View Item View Item