Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Prestasi dan Sikap Belajar Matematika Siswa MA kelas XI IPS Materi Turunan

Nasrulloh, M. Farid (2015) Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Prestasi dan Sikap Belajar Matematika Siswa MA kelas XI IPS Materi Turunan. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-m-farid-nasrulloh.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS), (2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), (3) model pembelajaran yang lebih efektif antara tipe Think-Pair-Share (TPS) dan tipe Numbered Heads Together (NHT) ditinjau dari prestasi dan sikap belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, menggunakan kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI IPS MA Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta yang terdiri dari empat kelas. Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 ditentukan sebagai sampel secara random. Kelas XI IPS 1 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan XI IPS 2 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika dan angket sikap belajar matematika. Bukti validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk, sedangkan estimasi reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Pengujian keefektifan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe NHT menggunakan analisis one-sample t-test. Perbedaaan keefektifan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe TPS dan tipe NHT dianalisis dengan menggunakan uji T^2 Hotteling, dan uji t untuk menentukan model pembelajaran yang lebih efektif. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa ditinjau dari prestasi dan sikap belajar matematika: (1) pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif, (2) pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif, dan (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe NHT.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS)
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 09:00
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26141

Actions (login required)

View Item View Item