HARMONISASI HUBUNGAN INDONESIA DAN MALAYSIA MELALUI PEMAHAMAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN LESTARI (STUDI PADA GURU-GURU SD DI INDONESIA DAN MALAYSIA)

Farida, Hanum and Sugito, Dr. (2011) HARMONISASI HUBUNGAN INDONESIA DAN MALAYSIA MELALUI PEMAHAMAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN LESTARI (STUDI PADA GURU-GURU SD DI INDONESIA DAN MALAYSIA). [Experiment/Research]

[img] Text
Laporan Kerjasama Internasional.doc

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman guru tentang pendidikan multikultural yang diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai dan pemahaman tentang hubungan Indonesia dan Malaysia dalam usaha untuk mewujudkan pembangunana lestari di kedua negara. Secara khusus dalam jangka panjang, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mewujudkan Pembangunan Lestari di Indonesia dan malaysia; 2) Mengatasi masalah multikultural yang selama ini terjadi di Indonesia; 3) Membangun hubungan yang harmonis dan kerjasama dengan sekolah di Malaysia dalam bidang pendidikan multikultural pada pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan teknik persentase untuk melihat dan menganalisis pendidikan multikultural pada pendidikan dasar di dua negara. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, antara lain: 1) Identifikasi SD yang kondusif untuk berlangsung-nya pembelajaran multicultural dalam usaha pembangunan berkelanjutan; 2) Penggalian Informasi pada warga sekolah di Indonesia dan Malaysia; 3) Identifikasi pemahaman guru SD terhadap harmonisasi hubungan antara Indonesia dan Malaysia serta pemahaman terhadap pembelajaran multicultural. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa pada pendidikan dasar yang berada di wilayah Indonesia dan Malaysia, yang dipilih dengan purposive sampling. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru-guru SD di Indonesia dan Malaysia memiliki pemahaman dan sikap positif terhadap hubungan kedua negara. Guru mengungkapkan bahwa ada hubungan budaya yang cukup besar disebabkan kedua negara adalah serumpun. Pemahaman positif ini bermanfaat untuk menanggapi isu-isu negatif tentang hubungan kedua negara yang berkembang saat ini. Hal ini perlu ditanamkan terhadap siswa.. pengetahuan yang baik tentang multikultural, persamaan gender dan pembangunan berkelanjutan dalam pedidikan telah dimiliki oleh guru-guru SD di kedua negara. Mereka berpendapat konsep tersebut perlu disampaikan pada para siswa sesuai dengan tingkatan kelas dan mata pelajaran terkait. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada perbedaan pendapat dan pemahaman tentang harmonisasi hubungan Indonesia dan Malaysia, hal ini dapat dilestarikan dalam pendidikan berkelanjutan melalui pendidikan multikultural di sekolah.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Kerjasama Internasional 2011
Uncontrolled Keywords: Hubungan Indonesia dan Malaysia, Pembangunan lestari, Pendidikan Multikultural
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 10 Sep 2015 03:24
Last Modified: 10 Sep 2015 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26116

Actions (login required)

View Item View Item