PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DALAM MATADIKLAT MEASURING BAGI SISWA SMK

Wagiran, Dr. (2011) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DALAM MATADIKLAT MEASURING BAGI SISWA SMK. [Experiment/Research]

[img] Text
LAPORAN TAHUN III.docx

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran PBL-PBK dalam Matadiklat Measuring yang teruji secara teoritik dan empirik. Penelitian dirancang dalam tiga tahap dalam kurun waktu 3 tahun. Pada tahun pertama penelitian ini telah berhasil merancang, membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer berikut perangkatnya dalam mendukung model pembelajaran PBL-PBK. Pada tahun kedua, penelitian ini telah berhasil menerapkan dan menguji model pembelajaran PBL-PBK di 4 SMK. Pada tahun ketiga, penelitian ini memfokuskan pada tahap penyempurnaan dan pemantapan model serta diseminasi model pembelajaran PBL-PBK dalam lingkup yang lebih luas. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan Research and Development dengan tahap-tahap: (1) seleksi model pembelajaran melalui literature review, dan survey di lapangan (industri pemesinan, SMK); (2) perencanaan; (3) Seminar untuk menentukan bentuk dan model pembelajaran; (4) work shop untuk merancang dan membuat model pembelajaran berikut perangkatnya; (5) validasi; (6) ujicoba dan monitoring; (7) refleksi dan rencana tindak lanjut; (8) penerapan model pembelajaran, (9) pengujian di lapangan; (10) revisi dan validasi; (11) produk akhir, dan (12) Deseminasi dan publikasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kalangan industri permesinan, perumus kebijakan, kepala sekolah, guru, siswa, dan ahli pendidikan. Penerapan model dan diseminasi dilakukan di tiga SMK (SMK N 2 Depok, SMK N 3 Yogyakarta, dan SMK N 2 Wonosari) dengan metode eksperimen. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif yaitu deskriptif, dan komparatif. Hasil uji kelayakan model pembelajaran PBL-PBK di tiga SMK (SMK Negeri 2 Depok, SMK Negeri 3 Yogyakarta, dan SMK Negeri 2 Wonosari) menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL-PBK memeiliki kelayakan empiris dalam meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, media pembelajaran, measuring
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:26
Last Modified: 08 Sep 2015 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25998

Actions (login required)

View Item View Item