PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014

DHIKKA, REKA TIMUR (2015) PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
Dhekka reka timur.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/ 2014 Oleh : DHIKKA REKA TIMUR NIM. 10520244067 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui apakah rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode kooperatif tipe STAD di dalam pembelajaran lebih besar daripada rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional; (2) mengetahui apakah pembelajaran dengan metode kooperatif tipe STAD pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional pada kelas kontrol. Desain dari penelitian ini adalah true-experimental designs dengan pretest posttest equivalent group design (design kelompok kontrol pretes postes). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo yang terdiri dari 11 kelas. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode cluster sampling, sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan pengukuran menggunakan tes. Uji validitas instrumen dilakukan oleh experts judgment dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas yang dihitung menggunakan rumus K-R. 21. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t polled varians dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD mempunyai rata-rata nilai hasil belajar yang lebih tinggi yaitu sebesar 62.1 apabila dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dimana rata-rata nilai hasil belajarnya hanya sebesar 57.6; dan (2) Pembelajaran dengan metode kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians pada nilai postes siswa yang menunjukkan bahwa thitung yaitu sebesar 1.956 lebih besar dari ttabel yang hanya sebesar 1.673. Kata Kunci: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Sep 2015 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25979

Actions (login required)

View Item View Item