Asca, Dewi Irnanda (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM KENDALI BERBASIS MIKROKONTROL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI. S1 thesis, FT.
|
Text
asca dewi irananda.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM KENDALI BERBASIS MIKROKONTROL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI Oleh : Asca Dewi Irnanda NIM. 10518244028 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas XII program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok pada standar kompetensi perakitan sistem kendali berbasis mikrokontrol. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest, lembar observasi afektif serta lembar observasi psikomotorik. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk indikator afektif adalah 80%, sedangkan kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk kompetensi aspek kognitif dan psikomotor siswa adalah 80,00. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual yang sesuai pada kompetensi perakitan sistem kendali berbasis mikrokontrol yakni pembelajaran yang dimulai dengan berdoa, salam dan guru memotivasi siswa serta mengaitkan materi pada kehidupan bermasyarakat, guru menjelaskan materi dan mendemontrasikan cara membuat program, guru memberikan penguatan dengan melakukan tanya jawab pada siswa terhadap materi yang diajarkan, guru melibatkan siswa dalam menutup pelajaran dengan menyimpulkan ide-ide penting, guru menutup dengan doa dan salam penutup. Pada akhir siklus 2 diperoleh pencapaian kompetensi perakitan sistem kendali berbasis mikrokontrol melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas XI program keahlian otomasi industri dengan memanfaatkan media pengendali pemanas menggunakan sensor suhu LM35 dan sensor pendeteksi jumlah orang (potensiometer) berbasis mikrokontroller Atmega 8, trainer ADC dan interrupt pada aspek afektif secara kolektif sebesar 88,6%, aspek psikomotorik secara individu sebesar 88,57 dengan persentase kelulusan siswa sebesar 93%, dan aspek kognitif secara individu sebesar 97,34 dengan persentase kelulusan siswa sebesar 100%. Peningkatan pada aspek afektif secara kolektif sebesar 89,31%, pada aspek psikomotorik secara individu sebesar 56,15% dan pada aspek kognitif secara individu sebesar 39,39%. Pencapaian kompetensi ini sudah memenuhi kriteria yang ditentukan. Kata kunci : kompetensi, pembelajaran kontekstual, media pembelajaran,
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 06:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25975 |
Actions (login required)
View Item |