PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 1 LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU

Arip, Alimin (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 1 LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
Arip Alimin 08501244006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 1 LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU Oleh: Arip Alimin NIM. 08501244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Elektonika Industri di SMK N 1 Losarang Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan desain expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Losarang tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari tiga kelas. Mengingat populasi penelitian ini terdiri dari tiga kelas yang berbeda yaitu kelas X, XI dan XII, maka penentuan jumlah sampel untuk setiap kelas dilakukan secara proporsional sesuai dengan jumlah siswa di kelas tersebut. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri yang berjumlah 123 responden. Teknik pengumpulan data untuk variabel pendidikan karakter menggunakan metode angket atau kuesioner, sedangkan untuk variabel hasil belajar mata pelajaran produktif dengan metode dokumentasi berupa rapor. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel, teknik analisis regresi sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian diketahui bahwa: terdapat pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Losarang Kabupaten Indramayu. Hal tersebut dapat terlihat dari nilai Fhitung = 26,953 lebih besar dari Ftabel =3,92 (Fhitung >Ftabel), diperoleh persamaan Y= 67,692+0,149X dan besarnya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif sebesar 18,2%. Kata kunci: hasil belajar mata pelajaran produktif dan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Sep 2015 06:32
Last Modified: 30 Jan 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25970

Actions (login required)

View Item View Item