PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA DIKLAT PLC SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Arif, Rahmat Pariz (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA DIKLAT PLC SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
arif-rahmat-paris-06518241021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA DIKLAT PLC SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh Arif Rahmat Pariz NIM 06518241021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas XI mata diklat PLC (Programmabble Logic Controller) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan penerapan pembelajaran kontekstual. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan secara kolaboratif. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pola pembelajaran kontekstual yang digunakan yaitu: Tahap kontak (contact phase), merupakan tahap tema atau wacana yang akan dibahas. Tahap kuriositi (curiosity phase), merupakan tahap dimana siswa diberikan pertanyaan yang dapat membangkitkan kuriositi atau keingintahuan siswa tentang masalah. Tahap elaborasi (elaboration phase), tahap ini siswa melakukan praktik. Tahap dekontekstualisasi (nexus phase), tahap ini siswa mempresentasikan hasil diskusi dan pratik. Evaluasi (evaluation), tahap ini sangat penting karena dapat mengukur berbagai aspek. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pretest di awal pertemuan siklus I dan posttest di setiap akhir siklus I dan II serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif yakni menjelaskan secara rinci hasil data di lapangan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama siswa pada mata diklat PLC dengan pembelajaran kontekstual pada siklus I rata-rata 44,6% meningkat pada siklus II menjadi 82,9%. Kriteria kerjasama siswa pada siklus II termasuk dalam kategori Baik. Peningkatan kerjasama siswa dalam diskusi kelompok pada mata diklat PLC dengan pembelajaran kontekstual dari siklus I ke siklus II sebesar 63,6%. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat PLC dengan pembelajaran kontekstual saat sebelum dilakukan tindakan rata-rata nilai siswa 66,7. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I maka rata-rata menjadi 75,4. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81,9. Dimana 26 orang siswa (92,9 %) memiliki nilai ketuntasan hasil belajar ≥75. Kata kunci: pembelajaran kontekstual, kerjasama dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Sep 2015 06:28
Last Modified: 30 Jan 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25967

Actions (login required)

View Item View Item