PENGEMBANGAN MODEL BUKU PANDUAN PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SMK

Sri, Sumardiningsih and Endang, Mulyani (2011) PENGEMBANGAN MODEL BUKU PANDUAN PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SMK. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
ARTIKEL.rtf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengembangan Model Buku Panduan Pengintegrasian Pendidikan Karakter dan Pendidikan Kewirausahaan dalam Pembelajaran Di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta ini dilakukan dengan tujuan:1) menemukan model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, 2) menemukan perangkat apa yang diperlukan dalam penerapan buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, 3) mengembangkan instrumen penilaian buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK. Untuk mencapai tujuan tersebut rencana kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu:1) analisis teori tentang model-model buku panduan, kurikulum, pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan, 2) mengembangkan draf model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, 3) mengembangkan perangkat yang diperlukan dalam implementasi model pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, 4) mengembangan instrumen penilaian model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, 5) uji pakar draf model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, 6) anlisis hasil uji pakar draf model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, 7) revisi draf model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK. Pengembangan model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK. Dalam penelitian ini menggunakan four-d model (Thiaragajan et.al, 1994). Model pengembangan dari Four-D Model terdiri atas empat tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap yang ke tiga. Penelitian ini dilakukan di SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan data pada tahap pertama menggunakan teknik dokumentasi dan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis diskriptif dengan menggunakan tabel. Hasil penelitian dari hasil analisis penilaian pakar menunjukkan bahwa: 1) model buku panduan pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK secara umum menunjukkan hasil yang baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, 2) hasil pengembangan perangkat yang diperlukan untuk penerapan buku panduan yang berupa silabus dan RPP dinyatakan sangat baik dan dapat digunakan dengan tanpa revisi, 3) dilihat dari seperangkat instrumen penilaian buku panduan, hasil analisis menunjukkan bahwa semua instrumen yang dikembangkan yang meliputi instrumen karakter, sikap wirausaha, minat, dan perilaku wirausaha termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Pendidikan Karakter, Kewirausahaan, Pembelajaran
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Sep 2015 04:13
Last Modified: 08 Sep 2015 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25951

Actions (login required)

View Item View Item