EKPLORASI SENYAWA BIOAKTIF DARI BEBERAPA RIMPANG TUMBUHAN FAMILI ZINGIBERACEAE SERTA PENGEMBANGAN POTENSINYA SEBAGAI ANTIMUTAGENIK

Sri, Atun, Ph.D and Retno Arianingrum, M.Si. and Sri, Untari (2011) EKPLORASI SENYAWA BIOAKTIF DARI BEBERAPA RIMPANG TUMBUHAN FAMILI ZINGIBERACEAE SERTA PENGEMBANGAN POTENSINYA SEBAGAI ANTIMUTAGENIK. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
artikel-semnas kimia-2011-antimutagenik.doc

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini sebagai upaya untuk mengembangkan potensi tumbuhan herbal dari famili Zingiberaceae yang belum banyak diteliti, seperti kunci pepet, temu ireng, temu giring, dan laos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji aktivitas antimutagenik ekstrak metanol dari rimpang tumbuhan kunci pepet, temu ireng, temu giring, dan laos. Metode yang digunakan adalah melalui penelitian di laboratorium. Ekstraksi dari masing-masing rimpang kunci pepet, temu ireng, temu giring, dan laos dilakukan secara maserasi dengan pelarut metanol. Ekstrak yang diperoleh dikeringkan dan diuji aktivitas antimutagenik secara invivo menggunakan mencit jantan galur Balb-c yang berusia 6-7 minggu. Uji aktivitas antimutagenik dilakukan dengan menghitung jumlah sel eritrosit polikromatik bermikronukleus (MNPCE) dari mencit akibat induksi senyawa penyebab mutasi (siklofosfamid) dibandingkan terhadap mencit kontrol dan eksperimen. Dosis ekstrak masing-masing sampel yang digunakan 300 dan 600 mg/Kg bb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol kunci pepet, temu giring, temu ireng, dan laos menunjukkan aktivitas antimutagenik. Prosentase aktivitas antimutagenik ekstrak metanol berturut-turut dari yang paling tinggi pada dosis 300 mg/kg bb adalah temu giring, temu ireng, kunci pepet, dan laos, dengan aktivitas adalah 95,6; 81,9; 80; dan 50 %.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: antimutagenik; Zingiberaceae; kunci pepet; temu giring; temu ireng; laos
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Sep 2015 03:12
Last Modified: 08 Sep 2015 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25937

Actions (login required)

View Item View Item