Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter dengan Pengembangan Model Pembelajaran Holistik dan Kontekstual

Siti Irene, Astuti Dwiningrum and Widyastuti, Purbani (2011) Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter dengan Pengembangan Model Pembelajaran Holistik dan Kontekstual. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (28kB)

Abstract

Penelitian hibah tahun pertama menjawab dua pertanyaan pokok yakni a). Nilai-nilai apakah yang perlu diprioritaskan untuk dikembangkan dalam pendidikan karakter siswa SMA?, b). Bagaimana merancang modul pembelajaran yang dikembangkan untuk pendidikan karakter di SMA? Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di DIY. Sampel penelitian adalah guru dan siswa di SMA N 5 Yogyakarta, SMA N 5 Muhammadiyah Yogyakarta dan SMA Taman Madya. Disain penelitian adalah Research and Development, sebagai dasar mengembangkan modul pembelajaran pendidikan karakter. Pelatihan dilakukan sebagai usaha validasi modul dan pengembangannya. Analisis data yang digunakan adalah analisis “mixed method”, analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan analisis kualitatif dimanfaatkan untuk data-data kualitatif. Hasil penelitian pada tahap pertama menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah memahami makna karakter dan dinamikanya dalam kehidupan masyarakat khususnya : nilai ketaatan dalam beragama, kejujuran, percaya diri, kepedulian sosial, semangat belajar dan semangat bekerja. Berdasarkan tahap I dalam R & D sampai dengan tahap uji coba produk dapat disimpulkan bahwa desain modul yang dirancang untuk pengembangan pendidikan karakter dengan pendekatan holistik dan kontekstual dapat diaplikasikan oleh guru di sekolah.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: karakter, holistik dan kontekstul
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Sep 2015 03:07
Last Modified: 08 Sep 2015 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25934

Actions (login required)

View Item View Item