Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Sikap Siswa, Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Lombok Timur

Hifzi, Muh (2015) Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Sikap Siswa, Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muh-hifzi-13705251032.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: motivasi belajar, fasilitas belajar, dan sikap siswa, terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto dan bersifat asisiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Lombok Timur sebanyak 665 siswa. Sampel sebesar 227 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan confirmatory factor analysis (CFA) dan uji reliabilitas dengan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari analisis deskriptif kategorisasi hasil belajar IPS 35% baik, motivasi belajar 65% baik, fasilitas belajar 41% cukup baik, dan sikap siswa terhadap pembelajaran IPS 49% sangat baik. Hasil analisis data dengan regresi sederhana menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar dengan sumbangan efektif 1%, koefisien β 0.033, dan sig 0.622; 2) fasilitas belajar dengan sumbangan efektif 5.7%, koefisien β 0,238, dan sig 0.000; 3) sikap siswa dalam pembelajaran IPS dengan sumbangan efektif 1.0%, koefisien β 0.098, dan sig 0.141; dengan demikian faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS di Kabupaten Lombok Timur adalah fasilitas belajar; dan 4) Hasil analisis regresi ganda bersama-sama berpengaruh signifikan koefisien F 5.135, sumbangan efektif 6.6%, koefisien β 0.033+0.238+0.098, dan sig 0.000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, fasilitas belajar, sikap siswa, hasil belajar IPS
Subjects: Pasca Sarjana
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:40
Last Modified: 03 Mar 2016 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25841

Actions (login required)

View Item View Item