Estimasi Kesalahan Pengukuran pada Metode Angoff, Ebel, dan Bookmark dalam Penilaian Kompetensi Akuntansi Jenjang SMK di DIY

Prijowuntato, Sebastianus Widanarto (2015) Estimasi Kesalahan Pengukuran pada Metode Angoff, Ebel, dan Bookmark dalam Penilaian Kompetensi Akuntansi Jenjang SMK di DIY. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sebastianus widanarto prijowuntato-10701261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi kesalahan pengukuran pada metode Angoff, Ebel, dan Bookmark dalam penilaian kompetensi Akuntansi jenjang SMK di DIY yang digunakan standard setter dalam menentukan cut score dengan menggunakan metode Angoff, Ebel, dan Bookmark. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah respon peserta Ujian Nasional Praktik Akuntansi Paket 2 tahun ajaran 2011/2012 yang merupakan data dokumen sekolah dengan 338 siswa. Guru-guru yang terlibat dalam Focus Group Discussion (FGD) berjumlah sembilan orang yang terdiri dari tujuh wanita dan dua pria dari 12 sekolah yang diundang. Teknik analisis dalam penelitian ini dibagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu persiapan. Kegiatan pada tahap ini mencakup penyiapan data, penggolongan SMK, dan meneliti karakteristik item. Tahap kedua yaitu FGD. FGD dilakukan dalam dua putaran. Dalam putaran pertama, peserta FGD diberi pelatihan dalam menentukan cut score dengan menggunakan metode Angoff, Ebel, dan Bookmark. Pada putaran kedua, peserta FGD menentukan cut score namun tidak diberi pelatihan lagi. Tahap ketiga yaitu mengestimasi kesalahan pengukuran dengan menggunakan Bootstrap. Langkah-langkah yang digunakan dalam Bootstrap mencakup penentuan populasi, penarikan sampel, penarikan resample (x^* ), menghitung estimasi standard error Bootstrap, dan membandingkan standard error Bootstrap masing-masing metode standard setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cut score untuk metode Angoff, Ebel, dan Bookmark berturut-turut adalah 67,86; 59,15; dan 57,03. Metode Angoff memiliki estimasi kesalahan pengukuran yang paling kecil (2,102) dibandingkan dengan metode Ebel (4,004) dan metode Bookmark (4,042). Karena metode Angoff memiliki kesalahan yang paling kecil maka metode Angoff merupakan metode yang tepat untuk mengestimasi kesalahan pengukuran pada standard setting.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: cut score, estimasi kesalahan pengukuran, Bootstrap
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2015 07:12
Last Modified: 23 Jun 2022 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25812

Actions (login required)

View Item View Item