Model Penilaian Afektif Siswa Sekolah Dasar

Syamsudin, Amir (2015) Model Penilaian Afektif Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, UNY.

[img] Text
DISERTASI AMIR 19 JUNI 2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian afektif siswa sekolah dasar untuk mengukur nilai-nilai sosial siswa sekolah dasar selama proses pembelajaran di sekolah. Pengembangan instrumen penilaian afektif ini dimaksudkan supaya guru kelas dapat menilai unsur afektif nilai-nilai sosial siswa secara objektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan model pengembangan dari Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 5 tahapan. Tahap pertama melakukan analisis kebutuhan, tahap kedua pengembangan bentuk produk awal, tahap ketiga pengembangan instrumen penilaian afektif, tahap keempat pelaksanaan pengembangan, dan tahap kelima presentasi produk akhir. Hasil penyusunan definisi konseptual, definisi operasional, dan indikator yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan kajian teori, kemudian dimintakan pendapat ahli psikometri, ahli evaluasi, ahli ilmu sosial, dan ahli bahasa Indonesia tentang kecukupan informasi mengenai konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dari instrumen afektif yang dikembangkan melalui proses Expert Judgement. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar yang melaksanakan kurikulum tahun 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014 di SDN Pujokusuman, SDIT Lukman al-Hakim, SDN Lempuyangwangi, SDN Tegalrejo, dan SDN Glagah kota Yogyakarta. Penentuan validitas dan reliabilitas masing-masing konstruk dari instrumen afektif menggunakan progam analisis SEM-PLS Wrap PLS 3,0. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada uji coba terbatas, inti, dan diperluas telah didukung oleh data empirik. Kedua, validitas konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada uji coba terbatas, inti, dan diperluas telah memenuhi kriteria di atas 0,70 untuk masing-masing skor loading factor dan kriteria di bawah 0,50 untuk masing-masing skor cross-laoding factor. Ketiga, reliabilitas konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada uji coba terbatas, inti, dan diperluas telah memenuhi kriteria di atas 0,70, baik untuk skor composite reliability maupun skor Cronbach’s alpha. Keempat, jumlah indikator hasil kajian teori sebanyak 53 indikator, kemudian gugur 10 indikator menjadi 43 indikator pada uji coba terbatas, kemudian gugur lagi 4 indikator menjadi 39 indikator pada uji coba inti, dan kemudian gugur lagi 1 indikator menjadi 38 indikator pada uji coba diperluas.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: penilaian afektif, nilai-nilai sosial, siswa sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2015 07:12
Last Modified: 13 Apr 2022 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25810

Actions (login required)

View Item View Item