Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta

Mardiana, Tria (2015) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tria-mardiana-13712251020.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia interaktif tematik integratif berbasis scientific approach pada subtema lingkungan tempat tinggalku yang layak untuk kelas IV SD, dan (2) mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Glagah Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian menggunakan metode research and development dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) studi kepustakaan, survei lapangan awal, dan analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji lapangan operasional; (9) penyempurnaan produk akhir; dan (10) diseminasi. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar validasi produk, soal tes, dan lembar angket respon. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif yang dihasilkan memiliki kelayakan dan keefektifan yang baik. Kelayakan produk dapat ditinjau dari kemampuan multimedia dalam memfasilitasi guru, untuk implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran. Kelayakan tersebut juga didukung dari hasil validasi ahli materi, bahwa produk memiliki kualitas “sangat baik” dengan skor 4,35. Ditinjau dari hasil validasi ahli media, produk memiliki kualitas “baik” dengan skor 4,15. Multimedia memiliki keefektifan yang baik dengan ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 31,21% dengan rata-rata skor pretest 63,44 dan skor posttest 92,22. Keefektifan multimedia juga didukung oleh hasil angket respon guru yang memperoleh kategori “baik”, dan hasil respon peserta didik yang memperoleh kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, scientific approach, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Sep 2015 07:26
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25764

Actions (login required)

View Item View Item