Adi, Yogi Kuncoro (2015) Analisis Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment dalam Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas II SD Tema Air Bumi dan Matahari. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-yogi-kuncoro-adi-13712251009.swf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memerikan: (1) muatan tematik integratif, (2) muatan scientific approach, dan (3) muatan authentic assessment dalam buku guru dan buku siswa. Jenis penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Buku teks Kurikulum 2013 kelas II SD tema air, bumi, dan matahari yang terdiri dari buku guru dan buku siswa merupakan subjek dalam penelitian ini. Muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment adalah objek dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan dan pencatatan terhadap unit analisis. Unit analisis berupa instruksi dan materi tentang tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment yang tercantum pada buku teks. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis isi yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen dan data yang digunakan adalah validitas semantis dan pemeriksaan oleh ahli. Reliabilitas yang digunakan adalah stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pemilihan unit, penentuan sampel, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan menarasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tematik integratif yang bermuatan aspek keterpaduan dan berpusat pada siswa terintegrasi. Setiap indikator pada kedua aspek ditemukan dalam setiap subtema, kecuali indikator ketiga dari aspek keterpaduan tidak ditemukan pada subtema dua (bumi). (2) Muatan scientific approach yang terdiri dari lima aspek, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan selalu digunakan setiap pembelajaran. Penggunaan scientific approach tidak selalu berurutan, sehingga tidak semua indikator pada setiap aspek scientific approach ditemukan pada tiap subtema. (3) Muatan authentic assessment terdiri dari tiga aspek, yaitu: penilaian sikap hanya ditemukan sikap sosial tanpa ada sikap spiritual, penilaian keterampilan yang hanya memuat penilaian kinerja, dan penilaian pengetahuan tanpa ada penilaian penugasan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, muatan tematik integratif, muatan scientific approach, muatan authentic assessment |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 08:26 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25577 |
Actions (login required)
View Item |