SIKAP GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD INKLUSIF SE-KABUPATEN PURBALINGGA

Asriningtyas, Rosmalina (2015) SIKAP GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD INKLUSIF SE-KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ROSMALINA ASRININGTYAS_11108244055.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sikap guru terhadap konsep pendidikan inklusif, (2) sikap guru terhadap komponen sistem pelaksanaan pendidikan inklusif, dan (3) sikap guru terhadap kendala dan solusi pelaksanaan pendidikan inklusif terhadap guru di sekolah inklusif se-Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survai. Populasi dalam penenltiian ini berjumlah 82 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Uji validitas dengan menggunakan validitas konstruk yaitu dengan penilaian ahli dan uji coba instrumen dilakukan terhadap guru di SDN Tanjung 1 dan SD Al Irsyad Al Islamiyah 02 Purwokerto yang menunjukan indeks reliabilitas 0,901. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sikap guru terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif baik. Sikap guru terhadap konsep pendidikan inklusif sangat baik dengan persentase 74% menunjukan bahwa guru memahami bahwa pendidikan inklusif tidak membeda-bedakan latar belakang peserta didik dengan memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama-sama dengan anak normal lainnya. Sikap guru terhadap komponen pelaksanaan pendidikan inklusif baik dengan persentase 80%, hal ini menunjukan bahwa guru sudah melaksanakan modifikasi kurikulum, memahami jenis-jenis anak berkebutuhan khusus, menjalankan tanggung jawab secara penuh sebagai guru kelas,menyiapkan sarana dan prasarana bagi pembelajaran anak berkebutuhan khusus, merencanakan kegiatan belajar mengajar dengan merencanakan strategi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan anak berkebutuhan khusus, melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan memberikan kesempatan kepada anak berkebtuuhan khusus untuk terlibat di kelas, serta melakukan evaluasi pembelajaran pelaksanaan pendidikan inklusif. sikap guru dalam menghadapi kendala dan solusi pelaksanaan pendidikan inklusif dan menunjukan sikap baik dengan presentase sebesar 78%, guru dapat mengatasi kendala dalam pelaksanaan pendidikan inklusi yaitu kekhawatiran guru dalam memberikan layanan bagi anak berkebutuhan khusus dengan solusi yang diberikan adalah mengikutsertakan guru dalam seminar mengenai pelaksanan pendidikan inklusif dan menyediakan sarana prasana dalam proses belajar. Kata kunci : sikap guru, pendidikan inklusif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25525

Actions (login required)

View Item View Item