PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PEMBIMBING DI YOGYAKARTA

Rosita Endang, Kusmaryani (2011) PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PEMBIMBING DI YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PEMBIMBING DI YOGYAKARTA.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul keterampilan konseling untuk meningkatkan kinerja layanan konseling bagi guru pembimbing/BK. Pada tahun ketiga ini, penelitian bertujuan untuk : 1) Melakukan validasi VCD keterampilan konseling sebagai media pendukung Modul Keterampilan Konseling; 2) Menguji efektivitas VCD keterampilan konseling dalam meningkatkan penguasaan keterampilan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian tahun ketiga, dimana berdasarkan hasil tes pemahaman pada penelitian tahun pertama ditemukan bahwa pemahaman dan penguasaan keterampilan konseling masih belum optimal. Pada penelitian tahun kedua, dilakukan pengembangan modul keterampilan konseling dan menghasilkan modul keterampilan konseling yang sudah valid sebagai media pembelajaran keterampilan konseling. Pada tahun ketiga ini dikembangkan VCD keterampilan konseling sebagai media pendukung modul keterampilan konseling. Beberapa hal yang dilakukan adalah uji ahli, yang terdiri dari ahli konseling dan ahli media pembelajaran dan uji coba pengguna. Pada uji pengguna lapangan permulaan melibatkan 3 orang guru BK, pada uji coba pengguna lapangan utama melibatkan 7 orang guru BK dan pada uji coba pengguna lapangan operasional melibatkan 17 orang guru BK. Subjek diambil secara random. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan instrumennya adalah angket penilaian VCD keterampilan konseling dan skala evaluasi penguasaan keterampilan konseling. Data di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif teknik prosentase dan kualitatif. Hasil coba pengguna permulaan, pengguna utama dan operasional pada aspek fungsi pembelajaran, masing-masing mencapai skor rerata penilaian 87%, 84% dan 84%. Sementara dari aspek format VCD mencapai skor 91%, 81%, dan 80%. Hasil validasi VCD menunjukkan bahwa 1) VCD keterampilan konseling dinilai baik dan layak sebagai media pendukung Modul Keterampilan Konseling 2) VCD keterampilan konseling efektif dapat meningkatkan penguasaan keterampilan konseling bagi guru BK.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: modul, keterampilan konseling, kinerja
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Aug 2015 04:32
Last Modified: 24 Aug 2015 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item