PELATIHAN CLASSROOM ACTION RESEARCH DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME GURU-GURU SMK NEGERI 2 DEPOK DAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Edy Purnomo, M.Pd. PELATIHAN CLASSROOM ACTION RESEARCH DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME GURU-GURU SMK NEGERI 2 DEPOK DAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. INOTEK.

[img] Text
2._ARTIKEL_KEGIATAN_PPM_REG-EDY_PURNOMO,DKK.rtf

Download (762kB)

Abstract

Abstrak Permasalahan yang dihadapi guru-guru terutama guru-guru SMK Negeri Kelompok Teknologi Industri di Kota Yogyakarta adalah bagaimana menentukan dan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan penerapan KTSP Agar terfokus dalam penyelesaian masalah, maka perlu dirumuskan masalah yang akan ditanganui. Masalah tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana cara agar guru-guru SMK Negeri 2 Depok dan SMK Negeri 2 Yogyakarta mampu memilih dan menganalisis metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan penerapan KTSP melalui penelitian tindakan kelas dan pembelajaran konstruktivisme. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diadakan pelatihan bagi guru-guru tersebut agar termotivasi dan mampu melakukan penelitian terutama penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan penerapan metode pembelajarn konstruktivisme. Peserta pelatihan adalah guru-guru SMK N 2 Yogyakarta dan SMK N 2 Depok Sleman, dan ditambah 2 orang guru SMK Muhammadiyah Prambanan sehingga seluruhnya berjumlah 10 orang. Program pengabdian pada masyarakat ini telah dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fak. Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, bertempat di Laboratorium Komputer. Kegiatan PPM ini telah dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2008. kemudian dilanjutkan dengan pemantauan implementasi penelitian tindakan kelas dari peserta latihan di sekolahnya masing-masing. Berdasarkan pengamatan dan evaluasi yang dilakukan selama pelatihan, dapat dilaporkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan agar peserta mampu memilih dan menganalisis metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan penerapan KTSP melalui penelitian tindakan kelas dan pembelajaran konstruktivisme. Kegiatan PPM ini telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Indikator keberhasilan yang telah dicapai dalam pelatihan ini dapat dilihat dari pencapaian kompetensi guru yang dilihat dari pengamatan selama proses pelatihan maupun implementasi penelitian tindakan kelas di sekolahnya, yaitu: 1. Peserta memahami dan menguasai prosedur penelitian tindakan kelas mulai tahap identifikasi, pembuatan proposal dan instrumen penelitian, validasi, penerapan hingga penyusunan laporannya sebagai tagihan. 2. Peserta mampu membuat presentasi dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:06
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item