RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK

Pujianto, - and Juli, Astono and Dadan, Rosana and Setia Adi, Purwanta (2011) RANCANG BANGUN TEKNOLOGI MULTIFUNCTION EQUIPMENT UNTUK PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG TUNA NETRA DAN TUNA RUNGU DALAM PRAKTIKUM SAINS REALISTIK. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
Artikel.doc

Download (123kB)

Abstract

Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kebermanfaatan kit praktikum menggunakan teknologi multifunction equipment dalam eksperimen sains realistik (demonstrasi dan eksperimen) yang dapat digunakan siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 2) Untuk mengetahui kegunaan modul eksperimen dan LKS bahasa Braille dalam mengakomodasi kebutuhan belajar siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 3) Untuk mengetahui jenis aktivitas siswa yang muncul melalui penerapan model eksperimen sains dengan pendekatan konstruktivis bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 4) Untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran sains untuk siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu menggunakan model evaluasi yang telah dikembangkan; dan 5) Untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam mengoptimalkan aktivitas langsung (pengalaman belajar) bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu Metode penelitian yang digunakan menggunakan desain penelitian pengembangan R & D menurut Cennamo dan Kalk (2005:6). Dalam model spiral ini dikenal 5 (lima) fase pengembangan yakni: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) peragaan (demonstrate), (4) pengembangan (develop), dan (5) penyajian (deliver). Sebagai populasi adalah seluruh siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu serta sebagai sampel adalah siswa SLB penyandang tuna netra dan tuna rungu di DIY yang diambil menurut stratified random sampling. Tahun kedua sebagai implementasi produk digunakan rancangan single subject research AB design. Hasil yang telah dicapai pada tahun kedua ini adalah: 1) Kit praktikum menggunakan teknologi multifunction equipment dalam eksperimen sains realistik (demonstrasi dan eksperimen) telah dapat digunakan siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 2) Modul eksperimen dan LKS bahasa Braille dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu; 3) Jenis aktivitas siswa yang muncul melalui penerapan model eksperimen sains dengan pendekatan konstruktivis bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu meliputi menduga, mengukur, mencatat hasil, membuat daftar, menuliskan hasil dan melaporkan hasil; 4) Hasil evaluasi pembelajaran sains untuk siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu menggunakan model evaluasi yang telah dikembangkan menunjukkan nilai rerata 7,3; dan 5) Respon siswa terhadap implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam mengoptimalkan aktivitas langsung (pengalaman belajar) bagi siswa penyandang tuna netra dan tuna rungu sangat baik. Hal ini terlihat dari peran aktif siswa dalam merespon implementasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING TAHUN KE-2 TAHUN ANGGARAN 2011
Uncontrolled Keywords: multifunction equipment, praktikum sains, siswa tuna netra dan tuna rungu
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:22
Last Modified: 24 Aug 2015 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25456

Actions (login required)

View Item View Item