PENGEMBANGAN MODEL LABORATORIUM VIRTUAL KIMIA BERBASIS DEMONSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER CHEMISTRY WORKSHOP ON SECONDLIFE

Lis, Permana Sari and Sukisman, Purtadi (2011) PENGEMBANGAN MODEL LABORATORIUM VIRTUAL KIMIA BERBASIS DEMONSTRASI INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER CHEMISTRY WORKSHOP ON SECONDLIFE. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
Artikel-Lis Permana.doc

Download (677kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) memproduksi video berbasis demonstrasi interaktif sebagai sumber pembelajaran dalam model laboratorium virtual kimia berbasis MUVE-SecondLife (2) mendesain dan mengembangkan website laboratorium virtual kimia berbasis MUVE-SecondLife diperkaya video demonstrasi interaktif (3) melakukan uji kualitas untuk menentukan kelayakan model laboratorium virtual berbasis multiuser virtual environment (MUVE) sebagai sumber pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedural yang merupakan bagian dari keseluruhan tahap exploratory mixed method design. Penelitian dimulai dengan penentuan rambu-rambu pembuatan website diperkaya demonstrasi interaktif sebagai sumber-sumber pembelajaran yang diintegrasikan ke dalam model laboratorium virtual berbasis multiuser virtual environment (MUVE). Multimedia yang dikembangkan diuji kualitasnya dengan instrumen yang dinilaikan pada ahli media, ahli materi dan guru-guru kimia SMA. Hasil penilaian selanjutnya digunakan untuk melakukan perbaikan baik terhadap website berbasis demonstrasi interaktif sebagai sumber pembelajaran dengan model laboratorium virtual berbasis MUVE. Hasil Penelitian mengungkap kualitas Website Sebagai Sumber Pembelajaran pada model laboratorium virtual kimia berbasis MUVE yang telah disusun berdasarkan penilaian reviewer memperoleh nilai Sangat Baik (SB) dengan skor rata- rata sebesar 116,8 dari skor maksimal ideal yaitu 145. Berdasarkan hasil tersebut, media Website berbasis demonstrasi interaktif ini memenuhi kualitas kelayakan untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran inkuiri yang terintegrasi dalam MUVE- SecondLife. Keunggulan model laboratorium virtual kimia berbasis MUVE ini adalah (1) memiliki ruang diskusi interaktif untuk pembelajaran, feedback, dan refleksi (2) menyediakan data base berisi video demonstrasi kimia interaktif dan inquiry guide yang dapat dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran kimia interaktif.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: Laboratorium, virtual, kimia
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Aug 2015 02:23
Last Modified: 24 Aug 2015 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25436

Actions (login required)

View Item View Item