MENGEMBANGKAN METODE PENDETEKSIAN KEBERFUNGSIAN BUTIR PEMBEDA (DIFFERENTIAL ITEM FUNCTIONING, DIF) PADA DATA POLITOMUS JENIS GENERALIZED PARTIAL CREDIT MODEL

Kana Hidayati, M.Pd. and Heri, Retnawati (2011) MENGEMBANGKAN METODE PENDETEKSIAN KEBERFUNGSIAN BUTIR PEMBEDA (DIFFERENTIAL ITEM FUNCTIONING, DIF) PADA DATA POLITOMUS JENIS GENERALIZED PARTIAL CREDIT MODEL. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img] Text
1Dot-artikel.doc

Download (1MB)

Abstract

Salah satu syarat penyelenggaraan tes yakni tes bersifat adil. Tes bersifat adil jika tidak ada perbedaan peluang menjawab benar pada suatu kemampuan yang sama dari kelompok yang berbeda. Jika terdapat perbedaan peluang menjawab benar dari dua kelompok ini, dikatakan tes/butir memuat bias. Pada butir politomus dengan penskoran model generalized partial credit model (GPCM), adanya muatan DIF dapat diketahui salah satunya dengan probability difference indices. Signifikasi ukuran ini dapat diketahui dengan empirical sampling distribution for DIF indices, yang dilakukan dengan membagi secara acak kelompok focal (F) dan kelompok reference (R) menjadi 2 kelompok, misalnya F1 dan F2, dan R1 dan R2, kemudian menghitung probability difference indices antara F1 dan F2, dan antara R1 dan R2. Pada tulisan ini dibahas tentang mengidentifikasi DIF pada IRT multidimensi dengan cara probability difference indices dan menguji signifikasinya dengan empirical sampling distribution for DIF indices.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2011
Uncontrolled Keywords: MIRT, DIF, Indeks perbedaan probabilitas, Distribusi sampling pada indeks DIF
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Aug 2015 01:37
Last Modified: 24 Aug 2015 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25428

Actions (login required)

View Item View Item