MODEL PENDIDIKAN NILAI SEBAGAI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR INKLUSI

Mumpuni, Arum Bakti and Fathur, Rahman , M. Si. and Sukinah, M.Pd. (2012) MODEL PENDIDIKAN NILAI SEBAGAI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR INKLUSI. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
draf laporan penelitian pendidikan nilai di SD inklusif.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan model pembelajaran nilai untuk membina karakter siswa sekolah dasar yang menyelenggarakan model inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dilakukan dua tahap: tahap pertama merupakan base line study untuk menemukan peta kebutuhan (need assessment)tentang pendidikan nilai di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Atas dasar peta kebutuhan tentang pendidikan nilai itu disusunlah draf modul. Selanjutnya, draf modul diuji kalayakannya melalui fokus group discussion dan uji coba terbatas salah satu sekolah dasar penyelenggara inklusi. Hasil dari penelitian pada tahap pertama berupa draf modul yang digunakan model pembelajaran pendidikan nilai melalui berceritera dan permainan. Model pendidikan nilai tersebut dikemas melalui tujuh (7) tema, dan pembelajarannya diintegrasikan pada bidang pelajaran di sekolah dasar penyelenggara inklusi.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2012
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:56
Last Modified: 20 Aug 2015 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25291

Actions (login required)

View Item View Item