KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SOSIOLOGI KARYA SASTRA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PEMAHAMAN CERPEN PADA SISWA KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN

Eliyawati (2012) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SOSIOLOGI KARYA SASTRA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PEMAHAMAN CERPEN PADA SISWA KELAS XI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eliyawati 09201244005.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan menyimak pemahaman cerpen antara kelompok siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan sosiologi karya sastra dan kelompok siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan pendekatan sosiologi karya sastra, dan (2) keefektifan pendekatan sosiologi karya sastra sebagai pendekatan menyimak pemahaman cerpen siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa pendekatan sosiologi karya sastra dan variabel terikat berupa kemampuan menyimak pemahaman cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas, yaitu kelas XI A sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI B sebagai kelompok kontrol. Sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah metode tes, yang berupa soal pilihan ganda sejumlah 30 soal dan esai sejumlah 3 soal pada masing-masing tes. Untuk menguji validitasnya, instrumen penelitian dikonsultasikan pada ahlinya (expert judgement), yaitu pembimbing skripsi dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach’s dengan hasil 0,703 untuk soal pretest dan 0,712 untuk soal posttest. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,384 dengan db 44 dan p sebesar 0,000. Nilai p dengan db 44 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menyimak pemahaman cerpen yang signifikan antara kelompok yang menggunakan pendekatan sosiologi karya sastra sebagai pendekatan menyimak pemahaman cerpen dan kelompok yang tidak menggunakan pendekatan sosiologi karya sastra. Setelah dilakukan uji-t pretest dan posttest pada masing-masing kelompok, terlihat bahwa nilai p pada kelompok eksperimen yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% pada db 23 ( 0,000<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan sosiologi karya sastra efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak pemahaman cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pendekatan sosiologi karya sastra, menyimak pemahaman cerpen, MA sunan pandanaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item