PENGGUNAAN METODE LOVAAS / APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM PENATALAKSANAAN PERILAKU ANAK AUTIS KELAS DASAR DI SLB PENYELENGGARA PENDIDIKAN AUTIS DI YOGYAKARTA

Hanapy, Lina Widya (2015) PENGGUNAAN METODE LOVAAS / APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM PENATALAKSANAAN PERILAKU ANAK AUTIS KELAS DASAR DI SLB PENYELENGGARA PENDIDIKAN AUTIS DI YOGYAKARTA. S1 thesis, FIP.

[img] Text
09103241030_LINA WIDYA HANAPY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian penggunaan metode Lovaas/ Applied Behavior Analysis (ABA) ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan dan hasil penggunaan metode Lovaas/ABA pada penatalaksanaan perilaku anak autis kelas dasar di SLB penyelenggara pendidikan autis di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu enam siswa autis yang duduk di kelas dasar dan guru kelas yang menanganinya. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SLB Bina Anggita, SLB Fajar Nugraha, dan SLB Citra Mulia Mandiri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan pihak terkait, dan analisis dokumen. Data yang diperoleh dari hasil observasi dianalisis kemudian data disajikan dalam bentuk teks naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Lovaas/ABA yang diterapkan di SLB Bina Anggita, SLB Fajar Nugraha, dan SLB Citra Mulia Mandiri terdapat keanekaragaman. Keanekaragaman dari segi proses terlihat dari persiapan ruangan yang tidak sama yaitu disekolah Bina Anggita satu ruangan ditempati oleh dua siswa dengan kondisi ruangan mudah terdistraksi dari luar, Fajar Nugraha satu ruangan ditempati dua siswa dan ruangan sudah cukup sesuai yaitu tidak terdistraksi dari luar, dan SLB Citra Mulia Mandiri dalam satu ruang besar terdapat empat anak dengan kelainan yang berbeda. Keanekaragaman juga terlihat dari penerapan metode Lovaas, proses pelaksanaan sampai pada penilaian dan evaluasi yang dilaksanakan, sehingga berpengaruh pada perilaku yang dihasilkan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25208

Actions (login required)

View Item View Item