IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDlKAN PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

ENDANG, SUTIYATI (2012) IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDlKAN PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) di tingkat implementasi masih menemui ban yak kendala-kendala baik yang berasal dari guru itu sendiri, maupun yang berasal dari luar guru seperti dukungan kepala sekolah, dan faktor-faktor eksternal lain. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP~ 2) Mengetahu\ upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan KTSP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersit~\t natllralistik. Sedangkan strategi yang d igllnakan mengingat penel itian tersebllt slldah direncanakan secara terperinci dalam proposal sebelllll1 peneliti terjlln ke lapangan, maka strateginya yang cocok adalah embedded research tpenelitian terpancang). Adapim langkah-Iangkahnya adalah I) pengllmplilan sllmber melailli wawancara, observasi, dan teknik dokllmentasi); 2) meredllksi data dengan tlljuan lIntlik menyederhanakan dan mengkategorisasi data; 3) menyajikan data da/am bentuk deskripsi memorial; 4) menarik kesimplilan sebagai hasil interpretasi; 5) mengajllkan rekomendasi berllpa implikasi; dan 6) menyuslln laporan penelitian. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar Se Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah 12 orang guru SO dan 3 kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket, wawaneara, observasi dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi KTSP guru¬guru sekolah dasar masih menemukan banyak kesulitan-kesulitan baik seeara teoritik maupun praktik. Adaplln kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran yang menyangkut implementasi KTSP adalah: 1) kesulitan dalam mengembangkar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 2) menyiapkan atall mengemas materi pembelajaran. 3) menggunakan media yang mtakhir. 4) memfokuskan perhatian siswa. 5) menerapkan variasi metode pembelajaran. 6) memberikan umpan batik, 7) memberikan rangsangan motivasi. 8) mengeva~uasi pembelajaran seem'a komprehensif, dan 9) mengembangkan seeara keseillruhan KTSP itu sendiri. Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh guru sekolah dasar terhadap hambatan-hambatan yang ditemukan adalah melalui: diskusi dengan ternan sejawat, ikut pelatihan-pelatihan, baik pelatihan penyusunan silablls dan RPP, pelatihan m~todologi pembelajaran, pelatihan evaluasi pembelajaran. atau sistem penilaian dan berusaha memahami bagaimana penyusunan instrumen yang baik untun diterapkan, melalui pertemuan-pertemuan dengan teman sejawat baik iv di tingkat sekolah maupun lintas sekolah penelitian tindakan kelasm dan kegiatan¬kegiatan lain yang memberi pengalaman untuk mengembangkan materi pelajaran. sehingga penyajiannya dapat dengan mudah difahami oleh siswa. Oi samping itu juga melalui pelatihan-pelatihan pembllatan dan pengembangan media. pelibatan siswa dalam mengembangkan media sederhana, dan mendorong sekolah untuk membiayai atau ll1engalokasikall anggaran lllltllk pengembanan media pembelajaran yang disusun dalan rencana program sekolah. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan guru lIntlik memotivasi siswa dan mengaktitkan siswa dalam pembelajaran adalah dengan menciptakan suasana yang menyenangkan seperti dengan lelucon, ll1enampilkan gambar-gall1bar yang lucu sehingga perhatian anak terfokus pad a gambar karena merasa tertarik, selanjutnya baru menjelaskan arti dan makna gambar terse but. Di samping itu juga melalui permainan-permainan yang mendorong motivasi siswa untuk ikut berpartisipasi dalam permainan dan dapat mendorong rasa senang di kalangan siswa.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2012
Uncontrolled Keywords: Hambatan-hambatan, Pelaksanaan Pembelajaran, KTSP
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Aug 2015 03:48
Last Modified: 19 Aug 2015 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item View Item