PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KARAKTER SEBAGAI BRIDGING COURSE PEMBELAJARAN MAT A KULIAH KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI

Sri, Sumardiningsih (2012) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KARAKTER SEBAGAI BRIDGING COURSE PEMBELAJARAN MAT A KULIAH KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI. Artikel Penelitian Unggulan PT.

[img] Text
Abstrak.doc

Download (24kB)

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengembangan model pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter sebagai bridging course pembelajaran mata kuliah kewirausahaan Di Perguruan Tinggi ini dilakukan dengan tujuan: 1) memetakan kreativitas ekonomi mahasiswa yang akan menempuh mata kuliah kewirausahaan; 2) menemukan model pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter sebagai bridging course pembelajaran mata kuliah kewiiausahaan Di Perguruan Tinggi; 3) menemukan perangkat apa saja yang perlu dikembangkan untuk implementasi model pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter sebagai bridging course pembelajaran mata kuliah kewirausahaan Di Perguruan Tinggi; 4) menemukan instrumen penilaian model pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter sebagai bridging course pembelajaran mata kuliah kewirausahaan Di Perguruan Tinggi; 5) menemukan model silabus dan RPP pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter; (6) mengembangkan bahan ajar pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter. Pengembangan model pendidikan inf menggunakan Four-D model yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah mahasiswa pengambil mata kuliah kewirausahaan diseluruh program studi di UNY. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif. Hasil penelitian memmjukkan: 1) secara keseluruhan kreat1vitas mahasiswa berada pada kategori "cukup kreatif' yaitu sebesar 49,08%, sedangkan kategori kreatif sebesar 38.04%. Jika dilihat lebih lanjut maka kreativitas mahasiswa FMIP A paling tinggi dan mah:lsiswa Faknltc.:> Ekonomi paling rendah, kreativitas mahasiswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki, 2) pengembangan lain silabus, RPP, dan bahan (~ar ekonomi kreatif. Berdasarkan uji pakar, seperangkat model yang telah dikembangkan termasuk dalaill kategori baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, 3) seperangkat instrumen penilaian model pelldidikan ekonomi kreatif yang dikembangkan meliputi instrumen penilaian silabus, RPP, Bahan Ajar, Penilaian kreativitas mahasiswa, dan penilaian keterlaksanaan model. Keselurul)an perangkat instrumen tersebut termasuk dalam kategori "Baik" 'yang artinya layak digunakan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan PT 2012
Uncontrolled Keywords: Model, Ekonomi Kreatif, Bridging Course, Ktwirausahaan.
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Aug 2015 02:49
Last Modified: 19 Aug 2015 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25173

Actions (login required)

View Item View Item