Agustiwan, A. salman (2016) PENINGAKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK BENGKEL LISTRIK KELAS X PROGRAM KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK PIRI 1 YOGYAKARTA MELAUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. S1 thesis, UNY.
|
Text
Salman Agustiwan 11518241027.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
PENINGAKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK BENGKEL LISTRIK KELAS X PROGRAM KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK PIRI 1 YOGYAKARTA MELAUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Oleh : Salman Agustiwan A 11518241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Praktik Bengkel Listrik (PBL) kelas X program kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK PIRI 1 yogyakarta pada kompetensi dasar memahami cara penggunaan peralatan tangan dan mesin serta menggunakan peralatan tangan dan mesin untuk menyelesaikan pekerjaan mekanik listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 16 siswa kelas X TITL 1 SMK PIRI 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif, lembar observasi afektif untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, lembar unjuk kerja untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelelajaran CTL prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dapat terlihat dari data persentase nilai rata-rata aspek afektif pada siklus I pertemuan pertama sebesar 59,57% meningkat pada siklus II pertemuan kedua menjadi 87,50%. Pada aspek kognitif pada pretest siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 66,25 dengan persentase kelulusan sebesar 25% meningkat pada posttest siklus II menjadi 85,63 dengan persentase kelulusan sebesar 100%. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 76,88 dengan persentase kelulusan sebesar 81,25% meningkat menjadi 90 dengan persentase kelulusan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 00:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25158 |
Actions (login required)
View Item |