Dwi Prasetyo, Jangkung (2013) REALITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA N 1 JOGONALAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan Skripsi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (21MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pembelajaran sosiologi di SMA N I Jogonalan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bersifat naturalistik. Sedangkan strategi yang digunakan mengingat penelitian tersebut sudah direncanakan secara terperinci dalam proposal sebelum peneliti terjun ke lapangan, maka strateginya yang cocok adalah embedded research (penelitian terpancang). Adapun langkah-langkahnya adalah 1) pengumpulan sumber melalui wawancara, dan teknik dokumentasi); 2) mereduksi data dengan tujuan untuk menyederhanakan dan mengkategorisasi data; 3) menyajikan data dalam bentuk deskripsi memorial; 4) menarik kesimpulan sebagai hasil interpretasi; 5) mengajukan rekomendasi berupa implikasi; dan 6) menyusun laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas pembelajaran sosiologi di SMA N 1 JOGONALAN sudah baik. Guru sosiologi melakukan evaluasi secara berkelanjutan baik proses maupun hasil pembelajaran sosiologi. Unsur suasana pembelajaran yang menyangkut (motivasi belajar sosiologi, sikap siswa, kedisiplinan, aktivitas dan kreativitas dalam pembelajaran sosiologi) merupakan komponen yang menjadi perhatian guru sosiologi di samping hasil belajar sosiologi. Berdasarkan hasil diskusi dengan kepala sekolah dan dua guru sosiologi, maka sistem evaluasi proses dan hasil belajar sangat cocok untuk diterapkan secara konsisten. Cocok dalam artian evaluasi yang menjadi wewenang guru dan satuan pendidikan ini akan memberikan informasi bagaimana perkembangan belajar peserta didik dalam mata pelajaran sosiologi. Untuk itu, yang harus mendapat perhatian lebih adalah efektivitas dan efesiensi serta kepraktisan sistem evaluasi yang diterapkan. Instrumen yang dikembangkan harus praktis dan mudah digunakan. Terlalu rumitnya sebuah instrumen akan mempersulit guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran, apalagi menyangkut proses yang cukup rumit untuk dinilai. Kata Kunci: Model, Evaluasi, Pembelajaran sosiologi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sosiologi FIS |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 08:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24786 |
Actions (login required)
View Item |