Berkah, Destri Puspitasari PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL PAKET KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA DI SMK. UNY.
|
Text
Berkah Destri Puspitasari - 10518241008.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL PAKET KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA DI SMK Oleh: Berkah Destri Puspitasari NIM 10518241008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik pembelajaran sebelum pengembangan e-learning dilakukan pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri Tembarak, (2) tingkat kelayakan e-learning yang dikembangkan pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK, (3) persepsi guru dan peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan e-learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital, (4) penguasaan peserta didik terhadap materi setelah menggunakan e-learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan memuat lima tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket dengan skala empat dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan rerata. Penilaian produk dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media, dua guru, dan 60 peserta didik Teknik Mekatronika SMK Negeri Tembarak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sebelum dilakukan pengembangan e-learning dilakukan dengan diskusi kelompok kecil dan guru masih menggunakan media papan tulis dalam penyampaiannya. Fasilitas yang tersedia berupa komputer dan jaringan internet, tetapi guru belum memanfaatkan jaringan internet berupa e-learning sebagai media untuk menunjang proses pembelajaran. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa E-learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Penilaian dari ahli media, reratanya sebesar 3,49 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian dari ahli materi, reratanya sebesar 3,08 dengan kategori “layak”. Persepsi guru dengan rerata skor 3,51 dikategorikan “sangat layak” menunjukkan persepsi terhadap e-learning tergolong sangat baik. Besarnya persepsi peserta didik dengan rerata skor 3,19 dikategorikan “layak” yang menunjukkan persepsi terhadap e-learning tergolong baik. Penguasaan materi terhadap materi menunjukkan kategori kurang. Kata kunci: e-learning, kategori, pembelajaran, pengembangan, simulasi digital
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 10 Aug 2015 15:33 |
Last Modified: | 10 Aug 2015 15:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24695 |
Actions (login required)
View Item |