PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEJAK DINI MELALUI PROGRAM TERPADU “SEKOLAH IBU” PAUD NONFORMAL DI PEDESAAN

Yoyon Suryono, Prof.Dr. and Puji, Yanti Fauziah and Unik Ambarwati, M.Pd. and Nurhayati, Nurhayati (2012) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEJAK DINI MELALUI PROGRAM TERPADU “SEKOLAH IBU” PAUD NONFORMAL DI PEDESAAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Laporan Sekolah Ibu.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter bagi anak sejak dini memerlukan keterpaduan antara lembaga PAUD seperti Kelompok Bermain (KB) dan Satuan Pendidikan Sejenis (SPS) dengan orang tua dalam pengasuhan anak di rumah. Sampai sejauh ini, keterpaduan seperti itu masih jarang dilakukan, termasuk dukungan penelitian yang mengembangkan keterpaduan antara lembaga PAUD nonformal dan orang tua. Oleh karena itu penelitian ini berusaha mengembangkan model pendidikan karakter bagi anak sejak dini melalui program terpadu “Sekolah Ibu” PAUD nonformal di pedesaan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dihasilkannya model program terpadu “Sekolah Ibu” PAUD nonformal di pedesaan yang dapat dipergunakan untuk melaksanakan pendidikan karakter bagi anak sejak dini secara terpadu antara lembaga PAUD nonformal dan orang tua di rumah. Penelitian dengan pendekatan penelitian dan pengembangan dilaksanakan di Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul terhadap 11 KB dan 11 SPS dengan responden orang tua sebanyak 60 orang mulai bulan April sampai Oktober 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KB dan SPS yang diteliti dapat dikembangkan menjadi “Sekolah Ibu” dengan sasaran para orang tua yang putra-putrinya sedang mengikuti kegiatan pembelajaran. Materi pokok yang diberikan tentang pendidikan karakter bagi anak, pola pengasuhan anak di rumah, dan model pembelajaran bagi anak usia dini. Hasil penelitian tersebut kemudian dikembangkan dalam satu model konseptual-teoritik pendidikan karakter bagi anak sejak dini melalui “Sekolah Ibu” PAUD nonformal di pedesaan dengan dilengkapi materi modul pembelajaran pendidikan karakter bagi anak sejak dini.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012
Uncontrolled Keywords: i: pendidikan karakter, pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, “Sekolah Ibu”
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 10 Aug 2015 14:08
Last Modified: 10 Aug 2015 14:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24676

Actions (login required)

View Item View Item