PENGEMBANGAN SMK MODEL INDIGENOUS WISDOM TRI HITA KARANA

Putu, Sudira and I Ketut, Wiana, Drs., M.Ag. and I Nyoman, Suastika (2012) PENGEMBANGAN SMK MODEL INDIGENOUS WISDOM TRI HITA KARANA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN-STRANAS-PUTU-S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi nilai-nilai dari ideologi THK yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penguatan nilai- nilai kebangsaan dan budi pekerti bangsa dalam pengembangan potensi dan daya saing SDM melalui Sekolah Menengah Kejuruan model indigenous wisdom Tri Hita Karana (SMK IW-THK); (2) mengidentifikasi dimensi dari ideologi THK sebagai basis pengembangan SMK IW-THK; (3) merumuskan indikator dan struktur cetak biru SMK IW-THK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ethnografi dengan desain pemaknaan secara menyeluruh dan mendalam dari berbagai artefact, tindakan dan kegiatan sosial budaya dan pendidikan masyarakat Bali dalam kaitannya dengan pengembagan pendidikan kejuruan di SMK. Hasil pemaknaan kemudian digunakan sebagai basis pemecahan permasalahan pendidikan kejuruan di SMK dengan model IDEAL (Identifying vocational hight school education problem, Defining vocational hight school education problem, Exploring alternative approach with indigenous wisdom THK, Actian on a plan, and Looking at the effect/monitorin and evaluation). Keseimbangan dan keharmonisan hidup dalam dimensi ke Tuhanan, kemanusiaan, lingkungan merupakan nilai inti dari kearifan lokal ideologi Tri Hita Karana yang dapat digunakan sebagai basis pengembangan moral pendidikan kejuruan di SMK. Nilai inti Tri Hita Karana menyebabkan pembangunan pendidikan SMK menjadi berkelanjutan tanpa harus merusak atau meninggalkan akar kepribadian kehidupan. Ada tiga dimensi dasar dalam ideologi Tri Hita Karana yaitu: (1) dimensi vertikal keatas yang berhubungan dengan pengembangan keharmonisan dengan Tuhan yang Maha Esa; (2) dimensi horisontal yang berhubungan pengembangan keharmonisan antar sesama manusia; dan (3) dimensi vertikal ke bawah yang berhubungan dengan pemeliharaan keharmonisan dengan alam dan lingkungan. Ketiga dimensi ini terwujud dalam tataran mikrokosmos pada diri manusia dan makrokosmos yang terlembaga dalam keluarga, masyarakat, dan SMK. Struktur cetak biru SMK IW-THK memuat pendahuluan, definisi SMK Indigenous Wisdom - THK, Visi dan Misi SMK Indigenous Wisdom THK, tujuan SMK Indigenous Wisdom THK, manfaat SMK Indigenous Wisdom THK, analisis Kelayakan, strategi pengembangan, pentahapan, dan indikator pencapaian hasil. Indikator keberhasilan pengembangan SMK IW-THK diukur dari: (1) presentase jumlah Kepala SMK yang tertarik menerapkan kearifan lokal THK; (2) jumlah SMK yang mengimplementasikan kearifan lokal THK; (3) tingkat kepuasan pengelola sekolah, guru, siswa.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional (Stranas) 2012
Uncontrolled Keywords: kearifan lokal, THK, SMK, harmonis
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 10 Aug 2015 12:14
Last Modified: 10 Aug 2015 12:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24658

Actions (login required)

View Item View Item