TINGKAT KESIAPAN JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK N 2 KLATEN UNTUK MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Wahyu Eko , Widiyatmoko (2012) TINGKAT KESIAPAN JURUSAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK N 2 KLATEN UNTUK MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE READINESS LEVEL OF AUTOMOTIVE ENGINEERING DEPARTMENT AT SMK N 2 KLATEN TOWARDS INTERNATIONAL SCHOOL.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan Jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK N 2 Klaten untuk menuju Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Tingkat kesiapan ini ditinjau dari pemenuhan indikator kunci tambahan dalam sembilan aspek, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian, dan akreditasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini meliputi semua elemen yang ada di Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK N 2 Klaten seperti guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan subyek lain yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berbentuk check list untuk mengetahui tingkat pemenuhan indikator kunci tambahan SBI di Jurusan Teknik Otomotif SMK N 2 Klaten. Hasil penelitian kemudian dideskripsikan dengan statistik deskriptif (rerata, median, rentang nilai, simpangan baku, dan varian) dan dihitung persentase tingkat kesiapannya dengan cara mengkalikan hasil bagi skor riil/nyata dan skor ideal dengan seratus persen. Persentase tingkat kesiapan yang telah didapatkan kemudian dilakukan interpretasi dengan pedoman kriteria persentase tingkat kesiapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK N 2 Klaten dikategorikan cukup siap untuk menuju SBI dengan rata-rata persentase tingkat kesiapan 42,94%. Untuk persentase tingkat kesiapan setiap aspeknya yaitu standar isi sebesar 14,29% (tidak siap), standar proses sebesar 35,71% (kurang siap), standar kompetensi lulusan sebesar 70% (siap), standar pendidik sebesar 50% (cukup siap), standar sarana dan prasarana sebesar 42,67% (cukup siap), standar pengelolaan sebesar 37,78% (kurang siap), standar pembiayaan sebesar 76% (siap), standar penilaian sebesar 20% (tidak siap), dan akreditasi sebesar 40% (kurang siap).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2012 02:32
Last Modified: 29 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item