Puzzle Huruf Bersuara Berbasis Voice Chip dan Mikrokontroler AVR sebagai Media Belajar Membaca untuk Percepatan Penuntasan Buta Huruf

Mashoedah, MT and Muhammad, Munir, M.Pd. (2012) Puzzle Huruf Bersuara Berbasis Voice Chip dan Mikrokontroler AVR sebagai Media Belajar Membaca untuk Percepatan Penuntasan Buta Huruf. Artikel Penelitian Strategis Nasional (Stranas).

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan media pembelajaran membaca dalam bentuk Puzzle huruf bersuara berbasis mikrokontroler dan Voice chip yang dapat menyuarakan huruf, angka dan kombinasi huruf, 2) menguji media yang dihasilkan sebagai model pembelajaran dalam rangka percepatan penuntasan buta huruf , 3) difusi hasil penelitian dan proses pendaftaran paten terhadap media yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan tahap-tahap penelitian sebagai berikut : 1) analisis kebutuhan, 2) disain dan perancangan media pembelajaran 3) Pengkodean, 4) Pengujian dan 5) Pemeliharaan. Pada tahap berikutnya dilakukan validasi oleh ahli. Obyek dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran membaca, dengan variabel huruf, angka, tanda baca dan kombinasi huruf pembentuk sebuah kata sebagai model pembelajaran dalam rangka percepatan penuntasan buta huruf. Media akan diujikan pada kelompok-kelompok sasaran penuntasan buta huruf. Hasil penelitian tahun pertama adalah sebuah media pembelajaran membaca dalam bentuk puzzle huruf yang dapat disuarakan. Huruf yang dapat disuarakan adalah huruf “a” sampai dengan huruf “z” dan kombinasi huruf “ba”, “bi”, “bu”, “ “be”, “bo” sampai dengan “za”, “zi”, “zu”, “ze”, “zo”. Huruf dan kombinasi huruf direpresentasikan dalam Puzzle Kartu Huruf yang dapat dibaca oleh mikrokontroler sebagai kombinasi bit melalui 3 buah port mikrokontroler yang diset sebagai input.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN HASIL PENELITIAN STRATEGIS NASIONAL 2012
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Voice chip, mikrokontroler, buta huruf, media
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 10 Aug 2015 10:21
Last Modified: 10 Aug 2015 10:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item