HEGEMONI ESTETIKA POSTKOLONIAL DALAM REPRESENTASI IKLAN DI MEDIA MASSA CETAK INDONESIA KONTEMPORER

Kasiyan, M.Hum. (2012) HEGEMONI ESTETIKA POSTKOLONIAL DALAM REPRESENTASI IKLAN DI MEDIA MASSA CETAK INDONESIA KONTEMPORER. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Depan.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perihal hegemoni postkolonial dalam estetika iklan di media massa cetak Indonesia kontemporer.Penelitian memfokuskan pada tiga persoalan, yakni: penanda (bentuk) dan petanda (maknanya); faktor penyebabnya; dan strategi politik resistensi kultural.Pendekatan penelitian ini adalah postkolonial, semiotis, dan 135 historis. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti, sebagai human instrument. Data penelitian berupa iklan bersumber dari media massa cetak, yakni Tempo, Femina, dan Kartini edisi 2007-2009. Adapun analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga representasi penanda hegemoni estetika postkolonial yang cukup dominan dalam iklan di media massa cetak Indonesia kontemporer, yakni a) ketubuhan Barat dan atau Indo; b) ketubuhan kulit putih; dan c) penggunaan Bahasa Inggris. Fenomena tersebut disebabkan oleh masih kuatnya konstruksi sindrom kolonialisme yang dialami oleh bangsa Indonesia, meskipun bangsa ini telah merdeka. Oleh karena itu strategi politik resistensi kultural penting diupayakan untuk membangun kesadaran counter-hegemoni estetika postkolonial, dengan cara mempertinggi kesadaran tentang budaya lokal sebagai fondasi pengembangan budaya dan identitas nasional.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN HASIL PENELITIAN STRATEGIS NASIONAL (TAHUN PERTAMA) 2012
Uncontrolled Keywords: hegemoni, estetika postkolonial, iklan, Indonesia kontemporer
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 10 Aug 2015 09:42
Last Modified: 10 Aug 2015 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24620

Actions (login required)

View Item View Item