MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL, POTRET KOMITMEN TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN

Sukamto, Prof. Ph.D and Sukardi, Prof. Ph.D and Pardjono, Prof., Ph.D. (2012) MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL, POTRET KOMITMEN TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN DAN SUMMARY.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang direncanakan berlangsung selama tiga tahun ini sekarang telah menginjak tahun kedua. Di tahun pertama, telah dirumuskan empat masalah penelitian, yaitu: (1) tentang essential skills untuk tumbuhnya sikap dan perilaku berwirausaha, (2) performance indicators yang merupakan hasil pendidikan berwirausaha, (3) upaya-upaya guru untuk mengintegrasikan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum, dan (4) contoh-contoh program yang dikembangkan baik oleh pendidikan formal maupun nonformal. Penelitian tahun kedua ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi essential skills yang menjadi faktor utama tumbuhnya motivasi dan perilaku berwirausaha, (2) menyusun performance indicators yang mengarah ke terwujudnya wirausaha muda yang memiliki sifat-sifat, sikap, dan perilaku sebagai wirausaha,(3) memperoleh validasi teoritik model-model pembelajaran kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan (jalur pendidikan formal), dan (4) percepatan penyelesaian studi S3 melalui pembimbingan intensif terhadap tiga mahasiswa dengan permasalahan desertasi yang masih satu rumpun yaitu kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan. Di tahun ketiga diharapkan, yaitu : (1) dihasilkan model pembelajaran untuk pendidikan formal dan non formal yang berbasis analisis data empirik, serta (2) dapat memberikan rekomendasi untuk sebuah pengambilan kebijakan dalam pendidikan berwirausaha sebagai dasar untuk membangun wirausaha mandiri Metode penelitian secara garis besar mengacu pada penelitian pengembangan. Cakupan penelitian mengambil setting di: (1) Kotamadya Yogyakarta, (2) Kabupaten Sleman, (3) Kabupaten Kulon Progo, (4) Kabupaten Bantul, dan (5) Kabupaten Gunung Kidul. Jumlah populasi sulit ditetapkan; maka untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menerapkan quota sampling untuk tahun pertama dan tahun ke dua. Di tahun pertama, tim peneliti menerapkan pra survei untuk mencari bahan sebanyak-banyaknya yang berkenaan dengan pertanyaan penelitian. Instrumen penelitian yang terdiri dari angket, pedoman wawancara, dan pedoman FGD (Foccused Group Discussion) diharapkan bisa secara tuntas menjawab semua pertanyaan penelitian yang diajukan. Responden ditentukan berdasarkan pemaslahan yang diteliti, yaitu: (1) untuk mengungkap essential skill yang menjadi faktor utama tumbuhnya motivasi dan perilaku wirausaha ditetapkan responden dari sejumlah pengelola pendidikan non formal, (2) responden untuk merumuskan performance indicators adalah beberapa kepala sekolah menengah kejuruan, dan (3) untuk memperoleh validasi teoritik model pembelajaran kewirausahaan respondennya adalah sejumlah guru kewirausahaan dan guru bidang produktif, kepala sekolah serta pakar pendidikan. Analisis data penelitian menggunakan statistik disktiptif.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN HASIL PENELITIAN HIBAH PENELITIAN TIM PASCASARJANA – HPTP (HIBAH PASCA) 2012
Uncontrolled Keywords: model-model empirik kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, setting formal dan nonformal untuk pengembangan pendidikan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Aug 2015 14:25
Last Modified: 06 Aug 2015 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24546

Actions (login required)

View Item View Item