UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) PADA SISWA SMP N 2 SLEMAN

Dyah Respati, Budi Utami (2012) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) PADA SISWA SMP N 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Dyah Respati Budi Utami NIM.08405247002pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS model Kajian kelompok kelas IX B SMP N 2 Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS dan penguasaan materi IPS. Tindakan yang diberikan berupa model Kajian Kelompok sebagai upaya memperbaiki pembelajaran IPS dan meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model kajian Kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa. Siswa memiliki keberanian untuk bertanya, berkomunikasi, menjawab pertanyaan guru, teman atau kelompok lain dan berani mempertahankan pendapat ketika berdiskusi. Meningkatnya partisipasi dan hasil belajar IPS dapat dilihat dari perolehan nilai siswa sebelum diberikan tindakan, yakni rata-rata 71,25, menjadi 74,84 pada siklus I. Pencapaian ketuntasan materi sebelum dilakukan tindakan sebanyak 21 siswa (58,33%), meningkat menjadi 25 siswa (64,44%) pada siklus I . Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,66 dan siswa yang telah mencapai ketuntasan 31 siswa (86,11%) pada tes akhir siklus rata-rata nilai siswa menjadi 82,22 siswa yang telah mencapai ketuntasan 33 siswa (91,67%). Model pembelajaran Kajian Kelompok mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas IX B pada SMP N 2 Sleman, karena pembelajaran dengan model Kajian Kelompok dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Kata kunci: Partisipasi, Pembelajaran IPS, Model Kajian Kelompok (Group Investigation).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 06 Aug 2015 12:44
Last Modified: 30 Jan 2019 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24507

Actions (login required)

View Item View Item