Analisis Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment pada Buku Teks Kurikulum 2013 Tema II Bermain di Lingkunganku Kelas II Sekolah Dasar

Novianto, Anwar (2015) Analisis Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment pada Buku Teks Kurikulum 2013 Tema II Bermain di Lingkunganku Kelas II Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anwar-novianto-13712251004.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan tematik integratif, (2) muatan scientific approach, dan (3) mendeskripsikan muatan authentic assessment dalam buku teks kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku teks Kurikulum 2013 kelas II sekolah dasar tema II bermain di lingkunganku. Objek penelitian ini adalah muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment. Unit analisis berupa instruksi dan materi yang tercantum dalam buku teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis dokumen yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen dan data yang digunakan adalah validitas semantis dan pemeriksaan oleh ahli. Reliabilitas yang digunakan adalah stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar indikator keterpaduan pada buku teks sesuai, tetapi masih ada kesalahan penomoran KD yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 dan ketidaksesuaian materi dengan KD yang tercantum (2) muatan scientific approach yang tercantum pada buku teks mencakup kegiatan bervariasi yang mengarahkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam membangun pengetahuan (3) muatan authenthic assessment sudah memenuhi sebagian besar indikator, tetapi masih perlu dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk membantu guru dalam menerapkan penilaian tersebut. Muatan penilaian ini sudah menggunakan kombinasi dari berbagai penilaian dalam setiap pembelajaran. Penilaian ini menggambarkan kemampuan siswa sesungguhnya secara komperhensif yang meliputi sikap sosial dan sikap spiritual, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment, buku teks kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2015 12:44
Last Modified: 09 May 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item