Perbedaan Pengaruh Metode Open-Ended dan Metode STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta Ditinjau dari Prestasi Belajar

Alman, Alman (2015) Perbedaan Pengaruh Metode Open-Ended dan Metode STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta Ditinjau dari Prestasi Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alman-13712251052.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh metode open-ended dan Students Team Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta ditinjau dari prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. yang menggunakan factorial design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Serayu Yogyakarta yang terdiri atas tiga kelas, dengan sampel dua kelas yaitu kelas Va dan Kelas Vc yang ditentukan secara acak yang masing-masing terdiri atas 26 dan 24 peserta didik. Analisis data dilakukan dengan analisis normalitas, homogenitas, dan uji univariata ANAVA. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajarkan dengan metode open ended dan metode STAD, dengan nilai F sebesar 0,851, p = 0,000. (2). Nilai-rata-rata posttest prestasi open ended tertinggi peserta didik adalah 95,71 dan nilai rata-rata posttest prestasi open ended rendah peserta didik adalah 63,92. Nilai rata-rata total prestasi open ended adalah 81,04. Sedangkan nilai rata-rata postest prestasi STAD tertinggi peserta didik adalah 95,50 dan nilai rata-rata posttest prestasi STAD randah peserta didik adalah 70,00. Nilai rata-rata total posttest prestasi peserta didik adalah 89,13. (3). Tidak ada interaksi antara metode open ended dan metode STAD dengan prestasi belajar tinggi dan prestasi rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode open ended, metode STAD, kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2015 12:44
Last Modified: 09 May 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24500

Actions (login required)

View Item View Item