Trie Wahyuni, Dra., M. Pd. and Ni Nyoman, Seriati, M.Hum. and Agus, Untung Yulianta, Drs. (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KARYA TARI UNTUK GURU TARI SMA KABUPATEN SLEMAN DENGAN METODE KONSTRUKSI I DAN EKSPLORASI TEBA. [Experiment/Research]
|
Text
LAPORAN KELOMPOK KAJIAN 2012.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru tari dalam membuat karya tari untuk siswa usia SMA dengan metode konstruksi I dan eksplorasi teba. Penelitian dilakukan pada September-Oktober 2012, dengan kolaborator Ni Nyoman Seriati, M.Hum. (dosen mata kuliah Koreografi II). Subjek penelitian ini adalah 15 guru seni budaya SMA DIY, dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga Siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap: perencanaan, implemantasi tindakan, monitoring, evaluasi dan refleksi. Siklus I, pelaksanaan tahap proses pembuatan karya tari (koreografi) melalui penjelajahan tema, merespon karakter, suasana, warna musik yang dipilih dan menggabungkan dengan elemen estetis komposisi tari. Siklus II, tindak lanjut dari Siklus I proses pembuatan karya tari. Siklus III, merupakan tindak lanjut dari pengulangan siklus II yang dipadukan dengan ekspresi gerak, irama, desain lantai, properti, dan perancangan busana karya tari. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam membuat karya melalui rangsang kinestetik dan eksplorasi teba, yang ditunjukkan dengan: a) terwujudnya lebih dari lima rangkaian gerak, yang disusun oleh guru berorientasi pada lingkungan sekitar sekolah maupun pada ragam budaya setempat berikut desain lantainya; b) motivasi guru dalam berproses kreatif dalam perwujudan karya meningkat ditunjukkan dengan semangat dan antusias selalu mencoba gerakan yang ditemukan oleh masing-masing peserta, didiskusikan, sampai ditemukan gerak yang pas; c) mampu memilih instrumen musik iringan tari dari alat-alat yang dipunyai oleh SMAN 2 Ngaglik, dan menyusunnya untuk mengiringi gerak tarinya, meskipun bidang studi peserta ada yang dari seni musik; d) mampu merancang busana yang dikenakan dalam penyajian karya tarinya, yang langsung dikenakan pada penyajian hasil karya tarinya yang dipergelarkan di arena pentas yang cukup memadai, dalam bentuk penyajian karya tari untuk usia siswa SMA yang berdurasi tujuh menit dengan dokumentasi menggunakan camera video sehingga terbentuk media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran tari di sekolah.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN PENELITIAN KELOMPOK KAJIAN TAHUN ANGGARAN 2012 |
Uncontrolled Keywords: | Karya tari, metode konstruksi I, eksplorasi teba |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 31 Jul 2015 02:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2015 02:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24414 |
Actions (login required)
View Item |