IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOFT SKILLS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEKERJA PROFESIONAL BIDANG BOGA PROGRAM DIPLOMA TIGA

Siti, Hamidah and Amat Jaedun, DR and Fitri, Rahmawati (2012) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOFT SKILLS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEKERJA PROFESIONAL BIDANG BOGA PROGRAM DIPLOMA TIGA. Artikel Penelitian Kelompok Kajian.

[img] Text
artikel soft skills pusdi.doc

Download (226kB)

Abstract

Tujuan penelitian implementasi pembelajaran soft skills ini adalah: melihat efektivitas pembelajaran soft skills berbasis karakter pada mata kuliah pengembangan produk Patiseri Pendidikan Teknik Boga FT UNY. Target penelitian ini adalah perubahan perilaku soft skills bidang produksi dan manajerial berbasis karakter pekerja profesional. Adapun aspek-aspek soft skills yang akan dikembangkan dibidang produksi meliputi: a) komitmen, b) tanggungjawab, c) disiplin, d) pemecahan masalah, e) strategi berfikir, f) usaha keras mencapai sukses, g) kreatif, dan h) tampil profesional. Soft skills bidang manajerial meliputi: a) usaha keras mencapai sukses, b) bekerja dalam tim, c) komunikasi, d) komitmen, e) disiplin, f) tanggung jawab, g) profesional. Serta nilai-nilai karakter kebogaan: a) rasa bangga terhadap pekerjaan; b) Bekerja cekatan, rapi, bersih dan aman; c) bekerja keras; d) bekerja efektif, efisien dan produktif; e) berfikir kreatif dan inovatif, f) kerja sama dalam kelompok dan mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dengan melibatkan dua dosen kolaborator. Penelitian ini melalui dua siklus, dengan tetap memperhatikan permasalahan yang ditemui dan ditingkatkan. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart (1988) yang terdiri dari empat komponen perencanaan, tindakan, pemantauan, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Boga peserta mata kuliah pengembangan produk patiseri. Metode pengumpulan data dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data kualitatif dengan observasi, metode kuantitatif dengan evaluasi diri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan ekspresi diri. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran soft skills terintegrasi berbasis tindakan kelas telah efektif meningkatkan penguasaan soft skills bidang produksi dan managerial serta nilai-nilai karakter kebogaan. Rerata perubahan bergerak antara 0,1 sampai 0,4. Perilaku soft skills yang belum berubah strategi berfikir, usaha keras mencapai sukses pada bidang kerja produktif.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN KELOMPOK KAJIAN TAHUN 2012
Uncontrolled Keywords: soft skills. nilai karakter, kebogaan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 31 Jul 2015 01:58
Last Modified: 31 Jul 2015 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24404

Actions (login required)

View Item View Item