Analisis Hasil Uji Kompetensi Pelajaran Bahasa Inggris (Test of English Proficiency) dengan Model Logistik 1 Parameter (1 PL), 2 Parameter (2 PL) Dan 3 Parameter (3 PL)

Nur, Hidayanto (2012) Analisis Hasil Uji Kompetensi Pelajaran Bahasa Inggris (Test of English Proficiency) dengan Model Logistik 1 Parameter (1 PL), 2 Parameter (2 PL) Dan 3 Parameter (3 PL). [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil Test of English Proficiency (TOEP) dengan menggunakan 1 Parameter, 2 Parameter dan 3 Parameter Logistik (PL). Penelitian ini diawali dengan pengumpulan hasil ujicoba tes TOEP dari seluruh peserta tes ini di Indonesia dengan menggunakan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian akan disusun untuk kemudian dianalisis dengan software Komputer Bilog MG. Program komputer Bilog MG digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data output yang memberikan informasi untuk mengetahui estimasi tingkat kemampuan peserta (measure of difficulty), kesalahan pengukuran (standard error of measurement), kecocokan data dengan model (infit dan outfit), serta korelasi daya beda butir soal (point b isse rial). Program ini memberikan informasi yang cukup untuk menganalisis butir soal dengan JRT• (Teori Respon Butir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Logistik 3 Parameter (3PL) merupakan model yang paling sesuai untuk memberikan informasi mengenai estimasi tingkat kemampuan peserta (measure of difficulty), kesalahan pengukuran (standard error of measurement), kecocokan data dengan model (infit dan outfit), serta korelasi daya beda butir soal (point bisserial) karena model ini mampu menunjukkan lebih banyak butir soal yang menunjukkan informasi tersebut.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Kelompok Kajian 2012
Uncontrolled Keywords: TOEP, Model Logistik 1,2 dan 3 PL
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 31 Jul 2015 01:42
Last Modified: 31 Jul 2015 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24399

Actions (login required)

View Item View Item